Minggu, 25 Juni 2017

Satgas Yonif 407/Padmakusuma gelar aneka perlombaan budaya

id Satgas Yonif 407/Padmakusuma gelar aneka perlombaan budaya, Papua, Kodam Cenderawasih
Satgas Yonif 407/Padmakusuma gelar aneka perlombaan budaya
Satgas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Yonif 407/Padmakusuma bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Merauke, menggelar aneka perlombaan bertema budaya, yang dilaksanakan di Kampung Yanggandur, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, pada Senin (20/2). Salah satu perlomban yakni memadah tradisional. (Foto: Istimewa/Pendam XVII/Cenderawasih)
Tujuannya agar generasi muda suku Kanume untuk dapat lebih mengenal dan bangga akan budaya suku Kanume sehingga mampu berpartisipasi aktif dalam pelestarian budaya bangsa Indonesia khususnya budaya suku Kanume.
Merauke (Antara Papua) - Satgas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Yonif 407/Padmakusuma bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Merauke, menggelar aneka perlombaan bertema budaya, yang dilaksanakan di Kampung Yanggandur, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, pada Senin (20/2).

Komunitas suku Kanume juga dilibatkan dalam perlombaan tersebut, antara lomba tari Etor, Tifa, memanah tradisional, dan pemilihan Putra Putri Wisata Suku Kanume.

Wakil Komandan (Wadan) Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/Padmakusuma, Mayor Inf Ari Iswoyo Timor mengatakan perlombaan tersebut bertujuan mengajak generasi muda suku Kanume untuk lebih mengenal dan bangga atas kekayaan budaya yang dimiliki.

"Tujuannya agar generasi muda suku Kanume untuk dapat lebih mengenal dan bangga akan budaya suku Kanume sehingga mampu berpartisipasi aktif dalam pelestarian budaya bangsa Indonesia khususnya budaya suku Kanume," ujarnya.

Lomba Tari Etor diikuti oleh perwakilan dari kampung-kampung di wilayah Distrik Sota, masing-masing diwakili oleh 15 orang.

Hasilnya, juara pertama diraih oleh perwakilan Kampung Yanggandur, juara kedua oleh perwakilan Kampung Sota, dan juara ketiga diraih perwakilan dari Kampung Rawabiru.

Sementara lomba memanah dimenangkan oleh perwakilan Kampung Yanggandur sebagai juara pertama, perwakilan Kampung Sota juara kedua dan perwakilan kampung Rawabiru juara ketiga.

Sedangkan perlombaan Tifa dimenangkan oleh perwakilan Kampung Yanggandur sebagai juara pertama, kampung Rawabiru juara kedua, dan juara ketiga diraih perwakilan kampung Sota.

Untuk Lomba Putra Putri Wisata dari Suku Kanume, juara pertama diraih oleh perwakilan dari Kampung Yanggandur, kemudian perwakilan dari Kampung Sota diurutan kedua.

Dari beragam perlombaan itu, yang keluar sebagai juara umum yakni perwakilan dari Kampung Yanggandur. (*/adv)

Editor: Anwar Maga

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga