Minggu, 24 September 2017

Puncak arus balik di Bandara Timika pada H+14

id Puncak arus balik di Bandara Timika pada H+14, Papua
Puncak arus balik di Bandara Timika pada H+14
Aktivitas penumpang di Bandara Mozes Kilangin Timika. Dua pekan menjelang hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah belum terjadi lonjakan penumpang di Bandara Timika. (Foto: Antara Papua/Evarianus Supar)
Kendati diprediksi akan terjadi lonjakan penumpang pada arus balik namun hingga kini belum ada permintaan dari operator maskapai Garuda dan Sriwijaya untuk menambah penerbangan ke bandara Mozes Kilangin Timika
Timika (Antara Papua) - Puncak arus balik Lebaran di Bandara Mozes Kilangin Timika, Provinsi Papua, diprediksi mengalami peningkatan pada H+14 atau dua pekan setelah Lebaran tahun ini.

Kepala Bandara Mozes Kilangin Timika, Subagiyo Hadidjan di Timika, Jumat mengatakan arus mudik lebaran di bandara Timika sejak H+1 hingga H+5 ini terpantau normal.

Kepadatan penumpang juga belum terlihat malah penumpang yang tiba di bandara Timika sama seperti hari-hari biasa.  "Tidak ada lonjakan yang berarti. Kepadatan penumpang terpantau sama seperti hari-hari biasa," ucapnya.

Ia mengatakan peningkatan penumpang yang diprediksi pada dua pekan akan datang atau H+14 dipengaruhi juga oleh berakhirnya liburan sekolah. Pemudik dan masyarakat lain yang kemungkin pergi berlibur di luar Timika pasti akan kembali pada pekan-pekan depan.

Kendati diprediksi akan terjadi lonjakan penumpang pada arus balik namun Subagiyo mengatakan bahwa hingga kini belum ada permintaan dari operator maskapai Garuda dan Sriwijaya untuk menambah penerbangan ke bandara Mozes Kilangin Timika.

"Kami tetap mengantisipasi jika ada permintaan penambahan penerbangan ke Timika khususnya dari luar Papua oleh Garuda dan Sriwijaya. Saat ini belum ada," ujarnya.

Selain itu menurutnya sebagian pemudik juga diprediksi akan menggunakan kapal laut seperti pemudik dari wilayah Maluku mengingat perhubungan laut melalui kapal laut PELNI berjalan lancar.(*)

Editor: Anwar Maga

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga