Sabtu, 23 September 2017

Pertamina Maluku-Papua luncurkan dexlte di Biak

id Pertamina Maluku-Papua luncurkan dexlte di Biak
Pertamina Maluku-Papua luncurkan dexlte di Biak
Peluncuran dexlite di Biak, Papua. (Foto: Antara Papua/Dhias Suwandi)
Ini adalah peluncuran dexlite kelima di MOR VIII, sebelumnya di Ambon, Ternate, Manokwari, dan Sorong. Sebenarnya masih tes pasar untuk produk BBM jenis diesel
Biak (Antara Papua) - Manajemen PT Pertamina(Persero) Marketing Operation Region (MOR) VIII Maluku-Papua meluncurkan dexlite di Kabupaten Biak Numfor dan merupakan pertama kali di Provinsi Papua.

"Ini adalah peluncuran dexlite kelima di MOR VIII, sebelumnya di Ambon, Ternate, Manokwari, dan Sorong. Sebenarnya masih tes pasar untuk produk BBM jenis diesel," ujar General Manager Pertamina MOR VIII Made Adi Putra, di Jayapura, Selasa.

Ia menjelaskan Biak dipilih menjadi daerah pertama penjualan dexlite di Papua karena disesuaikan dengan sarana dan prasarana yang tersedia dan juga potensi pasar dianggap cukup baik.

"Kami melihat potensi kendaraan diesel baru di Biak yang mungkin bisa disasar. Kemudian kami akan ke daerah lainnya seperti Jayapura dan Nabire," kata dia lagi.

Made memandang kehadiran dexlite bisa menggeser sebagian pengguna solar yang saat ini masih disubsidi pemerintah. Bahkan ia meyakini BBM tersebut akan bisa merebut 15 persen pangsa pasar BBM mesin diesel.

Menurutnya, dexlite lebih menguntungkan dan meringankan beban pemerintah dalam memberi subsidi BBM ke masyarakat.

Selain itu, katanya lagi, dexlite juga lebih ramah lingkungan sehingga pihaknya akan berusaha meningkatkan jumlah konsumsinya.

Made mengungkapkan dexlite `taglinenya` diesel hemat bertenaga. Jadi secara spesifikasi angka `cetane number` yang menunjukkan kualitas mesin diesel lebih tinggi, yaitu 51, kalau solar 48. Kemudian kandungan sulfurnya pun jauh lebih kecil sehingga lebih ramah lingkungan.

Hadir dalam peluncuran dexlite di SPBU Lawari adalah Asisten III Setda Kabupaten Biak, Danlanud Manua Biak, Danpomal Lanal Biak, Wakapolres Biak Numfor, Kepala Disperindag Biak, pimpinan Bank Mandiri dan BRI Biak.

Dexlite dipasarkan di Biak dengan harga Rp7.450/liter dan kuotanya akan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. (*)

Editor: Anwar Maga

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga