Sabtu, 19 Agustus 2017

Menteri Yohana serahkan 2.017 akta kelahiran anak

id Menteri Yohana serahkan 2.017 akta kelahiran anak
Menteri Yohana serahkan 2.017 akta kelahiran anak
Menteri PPPA Yohana Yembise didampingi Bupati Thomas Ondy menyerahkan akta kelahiran anak secara gratis untuk sebanyak 2.017 anak, di Biak, Selasa (8/8). (Foto: Antara Papua/Muhsidin)
Pemerintah berkewajiban melindungi dan memenuhi hak tumbuh kembang anak Indonesia
Biak (Antara) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise menyerahkan sebanyak 2.017 lembar akta kelahiran anak gratis bersamaan dengan perayaan Hari Anak Nasional yang dipusatkan di Lapangan Putra Angkasa Lanud Manuhua, Selasa.

Menteri PPPA Yohana Yembise mengatakan pemberian akta kelahiran anak secara gratis merupakan amanah undang-undang untuk pemenuhan hak tumbuh kembang anak.

"Pemerintah berkewajiban melindungi dan memenuhi hak tumbuh kembang anak Indonesia," katanya.

Ia mengatakan indikator bagi Biak sebagai kabupaten menuju layak anak, pemkab setempat memberikan akta kelahiran untuk anak Indonesia.

Forum anak, menurut Menteri Yohana, harus didengar apapun permintaannya karena hal itu merupakan urusan wajib daerah nonoperasional.

"Anggaran program untuk bidang perempuan dan anak harus diperbanyak karena itu merupakan investasi suatu bangsa," ujar Yohana.

Menteri Yohana memuji keberpihakan Pemkab Biak Numfor di bawah kepemimpinan Bupati Thomas Ondy karena memberikan ruang untuk bermain secara terbuka dan layak anak .

Kabupaten Biak Numfor, katanya, menjadi contoh untuk program kabupaten layak anak.

Perayaan HAN tingkat Kabupaten Biak Numfor berlangsung meriah dihadiri 2.000 anak dari berbagai kampung dan ditandai penampilan paduan suara 1.000 anak Biak dan tari Wor massal 1.000 anak.

Ikut hadir pada kesempatan itu, Bunda PAUD Biak Susan Ondy, Bupati Biak Numfor Thomas Ondy, Ketua DPRD Biak Numfor Zeth Sandy, serta Forkompinda Biak. (*)

Editor: Anwar Maga

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga