Rabu, 20 September 2017

Empat Polres di Papua jadi contoh pengawasan dana desa

id Empat Polres di Papua jadi contoh pengawasan dana desa, Polda
Empat Polres di Papua jadi contoh pengawasan dana desa
Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli. (Foto: Antara Papua/Evarukdijati)
Untuk tahap pertama keempat polres itu yang menjadi percontohan bagi pengawasan penggunaan dana desa di wilayah Papua
Jayapura (Antara Papua) - Empat Polres di lingkungan Polda Papua akan menjadi contoh pengawasan dana desa yang dikelola aparat desa/kampung secara baik dan benar serta tepat sasaran.

Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli, di Jayapura, Rabu, mengatakan keempat Polres yang menjadi menjadi pencontohan pengawasan optimal dana desa itu yakni Polres Jayapura Kota, Polres Jayapura, Polres Keerom dan Polres Sarmi.

"Untuk tahap pertama keempat polres itu yang menjadi percontohan bagi pengawasan penggunaan dana desa di wilayah Papua," ujarnya kepada Antara di Jayapura.

Ia mengatakan sebanyak 372 anggota polri yang menjadi Bhabinkamtibmas ditugaskan sebagai pengawas penggunaan dana desa atau dana kampung.

Jumlah Bhabinkamtibmas itu tidak sesuasai dengan jumlah kampung sehingga seorang Bhabinkamtibmas bertugas pada lebih dari satu kampung.

"Pengawasan penggunaan dana desa itu selain dilakukan Bhabinkamtibmas juga Babinsa (anggota TNI)," kata Irjen Pol Boy Rafli.

Sementara itu, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI George Supit mengatakan Babinsa yang bertugas di dua Kodim yakni Kodim Jayapura dan Kodim Sarmi, siap bersama Bhabinkamtibam melakukan pengawasan terhadap penyaluran dana desa.

Jumlah Babinsa pun terbatas sehingga seorang Babinsa akan mengawasi lebih dari satu kampung.

"Babinsa siap membantu mengawasi penyaluran dan pengamanan dana desa khususnya di dua kodim," ujar Mayjen George Supit.

Papua memperoleh dana desa sekitar Rp4,3 triliun dengan jumlah kampung sebanyak 5,420 kampung. (*)

Editor: Anwar Maga

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga