Jayapura (Antara Papua) - Yunus Wonda dari Partai Demokrat akhirnya dilantik menjadi Ketua DPRD Papua periode 2014-2019 setelah diambil sumpah oleh Ketua Pengadilan Tinggi, Sudiwardono dalam sidang paripurna istimewa di gedung DPRD, Kota Jayapura, Papua, Rabu malam.

Bersamaan itu, Eduardo Kaize dari Partai PDI Perjuangan, FY Tinal dari Partai Golkar dan Yanni dari Partai Gerindra akhirnya dilantik menjadi, wakil ketua I, II dan III.

Dalam sidang itu nampak hadir Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, Sekda Herry Dosinaen, Anggota DPR RI Willem Wandik, Ketua KNPI Papua Max ME Olua dan anggota Forkompimda.

Usai pelantikan sebagai ketua DPRD Papua, Yunus Wonda mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Papua yang telah memberikan kepercayaannya untuk duduk menjadi wakil rakyat dan memimpin lembaga itu.

"Terima kasih kepada rakyat Papua, semua pihak yang telah memberikan kepercayaan kepada saya, dan kami semua anggota DPRD Papua," katanya.

Mengenai program kerja, kata Yunus, tentunya DPRD Papua akan bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membangun Papua. "Kami akan mendukung semua program gubernur dan wakil gubernur untuk memajukan rakyat Papua. Dan juga tetap menjalin komunikasi dengan semua pihak, dan bagaimana konsolidasi di dalam lembaga ini," kata Wonda.

Sementara itu, Willem Wandik Anggota DPR RI asal Papua yang ikut hadir dalam acara sidang paripurna istimewa itu memberikan selamat kepada ketua dan wakil ketua terpilih yang secara resmi dilantik oleh Ketua Pengadilan Tinggi Papua.

"Saya bersyukur karena pelantikan unsur pimpinan periode 2014-2019 pada hari ini telah dilantik," katanya.

Harapannya, kata Wandik, unsur pimpinan DPRD Papua bisa menjalin komunikasi dengan DPRD di 29 kabupaten/kota di Papua bukan saja dengan pemerintah daerah dan provinsi.

"DPR Papua harus bersinergi dengan visi-misi gubernur Papua, untuk membangun tanah ini yang banyak orang. Juga dengan pemerintah kabupaten/kota, kita harus bangun paradigma yang baik untuk membangun dari kampung hingga ke kota," katanya. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024