Jayapura (Antara Papua) - Gubernur Papua Lukas Enembe mengimbau semua pihak agar mendeteksi dini semua kejadian yang berpotensi konflik sebelum dan sesudah pilkada serentak, 9 Desember 2015, di wilayahnya.

"Kita harus bertanggung jawab dan mendeteksi dini semua kejadian apa saja yang terjadi, sekecil apa pun harus didektesi agar tidak berdampak pada masalah yang lebih besar," katanya di Jayapura, Jumat.

Lukas menjelaskan pada umumnya situasi akan berjalan sesuai dengan harapan, tetapi potensi konflik tetap harus diperhitungkan, khususnya di beberapa daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak.

"Khususnya kami meminta pihak penyelenggara, yakni KPU dan Bawaslu untuk tetap berpegang pada aturan karena dengan begitu pelaksanaan pilkada akan berjalan sukses," ujarnya.

Bawaslu diharapkan agar setiap persoalan yang terjadi segera diselesaikan sesuai dengan tingkatan, dan tidak membawa masalah tersebut berlarut-larut.

"Selain itu, jangan masalah yang bisa diselesaikan di tingkat bawah, malah dibawa ke tingkat atas," katanya lagi.

Ia berharap Bawaslu dengan anggota yang terbatas bisa melaksanakan tugas dengan baik karena pengalaman isu dan perkembangan di lapangan setiap saat akan terjadi terus, baik antarkandidat maupun orang yang ingin mengganggu stabilitas pilkada. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024