Jayapura (Antara Papua) - Komando Daerah Militer (Kodam) XVII/Cenderawasih menerima bantuan dua unit alat berat guna mendukung pembukaan lahan pertanian oleh TNI di Kabupaten Merauke dan sekitarnya.

"Penyerahan alat tersebut secara simbolis diserahkan oleh Ketua Cabang Korindo Group Merauke Jhon kepada Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian di Kampung Sarmayam, Distrik Tanah Miring Kabupaten Merauke, Sabtu siang," kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Teguh PR di Kota Jayapura, Papua, Minggu.

Pada momentum itu, Ketua Cabang Korindo Group Merauke Jhon, kata Teguh, menyampaikan bahwa pemberian bantuan alat berat itu bertujuan untuk membantu masyarakat agar lebih mandiri sehingga dapat meningkatkan perekonomian khususnya masyarakat asli Merauke.

"Korindo Grup berkomitmen untuk membantu warga Merauke dengan penyerahan alat tersebut," katanya.

Sementara itu, Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian dalam sambutannya, kata Teguh, menyampaikan bantuan excavator tersebut merupakan wujud kepedulian dari PT Korindo Group kepada masyarakat guna membantu meningkatkan kesejahteraan untuk membuka lahan pertanian baru.

"Pangdam juga menyampaikan Presiden Jokowi telah mencanangkan bahwa Indonesia harus bisa swasembada beras dengan jalan pembukaan lahan pertanian khususnya di Papua akan dibuka 10.000 hektar," katanya.

Hal itu, Pangdam Cenderawasih tegaskan bahwa merupakan cita-cita yang mulia dari Presiden Jokowi untuk itu masyarakat, sehingga harus ikut serta mensukseskan program tersebut karena negara Indonesia adalah negara agraris tetapi masyarakatnya harus makan beras dari negara lain.

"Pangdam Cenderawasih berharap kepada masyarakat dengan di bukanya 10.000 hektar lahan pertanian, kita akan mampu mewujudkan swasembada pangan sehingga negara kita tidak lagi mengimpor beras dari negara lain," katanya. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024