Jayapura (Antara Papua) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua, setiap hari melayani lebih dari 100 pasien yang didominsi penderita penyakit malaria.

"Kami layani pasien yang datang ke rumah sakit dalam satu hari kurang lebih ada 100 orang," kata Regina, salah seorang tenaga apoteker RSUD Yahukimo ketika dikonfimasi dari Jayapura, Selasa.

Menurut dia, jumlah pasien itu dilihat dari resep yang diberikan oleh dokter kepada pasien yang datang memeriksakan diri dan berobat di rumah sakit lalu mengambil obat

"Kita bisa tahu jumlah pasien dalam satu hari itu dari resep yang kami layani, dan setelah dilayani kami hitung karena itu dipertanggungjawabkan," katanya.

Dia mengatakan, kebanyakan masyarakat yang datang kemudian diperiksa dan mendapatkan obat di rumah sakit, mengalami penyakit malaria.

"Banyak masyarakat yang terkena penyakit malaria, karena kebanyakan obat malaria yang kami kasih dari apotek," ujarnya.

Obat yang paling banyak keluar dari apotek rumah sakit dalam sehari, kata dia, adalah obat malaria dan juga obat vitamin

"Obat malaria dan vitamin ini yang biasanya cepat habis, seperti gula-gula jadi cepat habis, dan selalu kami kewalahan di pertengahan tahun," tambah dia. (*)

Pewarta : Pewarta: Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024