Jayapura (Antara Papua) - Ketua Persit KCK Kodim 1702/Jayawijaya Ny Johanes Adventino Krismadi memimpin pelaksanaan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Jalan Gatot Subroto Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Kamis.

"Ziarah guna memperingati HUT Persit KCK ke-70 itu juga dihadiri oleh Ketua Persit Yonif 756/WMS, pengurus dan anggota persit di jajaran Kodim 1702/Jayawijaya serta Batalion 756/WMS, pagi tadi," kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Teguh PR di Kota Jayapura, Papua, Kamis.

Pada momentum itu, kata Teguh, Ketua Persit KCK Kodim 1702/Jayawijaya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengenang dan menghormati jasa pahlawan yang telah gugur dalam membela nusa dan bangsa serta rela berkorban jiwa maupun raga tanpa pamrih demi kepentingan bangsa dan negara.

"Sifat pantang menyerah dan semangat pahlawan perlu kita contoh dan teladani, agar kita tidak mudah menyerah dalam situasi dan kondisi apapun," katanya.

Ziarah itu, kata dia, dimulai tepat pukul 08.00 WIT dan berlangsung cukup khidmat yang diawali dengan penghormatan umum kepada arwah para pahlawan.

"Serta peletakan karangan bunga oleh Ny Johanes Adventino Krismadi selaku pimpinan Ziarah dan dilanjutkan dengan acara tabur bunga kehormatan di tiap pusara makam para pahlawan," katanya.

"Kegiatan ini biasanya dilakukan juga serentak dibeberapa tempat di Papua," tambah Teguh. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024