Jayapura (Antara Papua) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika siap menyambut kedatangan rombongan Komisi VII DPR pada 1-4 Mei 2016 untuk meninjau secara langsung lokasi matinya ribuan ikan di wilayah tersebut.

Bupati Mimika Elthius Omaleng, di Jayapura, Jumat, mengatakan kedatangan rombongan ini masih dalam kaitan dengan kasus kematian ikan, mengingat dari jadwal kunjungan, rombongan juga direncanakan menyambangi Pelabuhan Amapapare.

"Benar rombongan Komisi VII DPR RI juga akan mengecek kasus kematian ikan di Pelabuhan Amapapare," katanya.

Elthinus menjelaskan pihaknya juga akan mengajak rombongan Komisi VII untuk melihat areal pertambangan PT Freeport Indonesia (PTFI) baik tambang terbuka, tambang bawah tanah maupun pabrik pengolahan.

"Selain itu juga rombongan akan menyambangi areal reklamasi, melihat air bawah tanah dan beberapa objek lainnya," ujarnya.

Senada dengan Bupati Mimika, Kepala Badan Penghubung Daerah (BPD) Provinsi Papua Reky D Ambrauw, mengatakan dalam kunjungan Komisi VII ke Kabupaten Mimika ini, juga akan bertemu dengan Gubernur Papua dan Ketua DPR Provinsi Papua

"Tidak hanya itu, juga akan ada pertemuan dengan para bupati di areal PTFI, Kementerian ESDM, Kementerian Riset Teknologi dan Dikti serta Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup," katanya lagi.

Reky menuturkan rombongan Komisi VII DPR RI ini turun untuk melakukan reses persidangan IV tahun sidang 2015-2016 ke beberapa provinsi termasuk Papua. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024