Jayapura (Antara Papua) - Kodim 1703/Manokwari menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa bahan makanan pokok kepada korban banjir bandang di Kampung Hingk, Kabupaten Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat.

"Bantuan tersebut disalurkan pada Sabtu (30/4) bertempat di Kabupaten Pegunungan Arfak," kata Dandim 1703/Manokwari Letnan Kolonel Inf Andy Parulian, dalam rilis yang diterima Antara di Jayapura, Minggu.

Ia menyebut bantuan bahan makanan tersebut berupa beras sebanyak enam karung untuk kemasan 50 kilogram, mie Instan 10 karton, kecap manis 15 karton, saus sambal 15 karton, sardine (ikan kaleng) 60 karton, dan minyak goreng 20 karton.

Selain itu, juga didirikan tenda keluarga sebanyak dua unit, dan tenda gulung  50 unit, sebagai tempat pengungsian bagi korban bencana alam tersebut.

Letnan Kolonel Andy Parulian juga mengungkapkan bahwa pada Jumat (29/4),  digelar apel pelepasan 26 orang personel yang dipimpin oleh Danramil 1703/Anggi dan W.S Pasiter Kodim 1703/Manokwari terkiat program tanggap bencana ke Kampung Hingk, Kabupaten Pegunungan Arfak.

"Selama perjalanan menuju ke Kampung Hingk Tim Tanggap Bencana Kodim 1703/Manokwari selalu dihalangi dengan tanah longsor sehingga membuat jalan terputus sehingga terpaksa tim lebih dulu menggunakan alat berat yang berada di sekitar kejadian," ujarnya.

Rombongan Tim Tanggap Bencana Kodim 1703/Manokwari tiba di Koramil 1703/Manokwari pukul 19.00 WIT untuk beristirahat karena cuaca kurang mendukung, kemudian melanjutkan perjalanan ke Kampung Hingk.

Selanjutnya, sesuai rencana 26 personel TNI tersebut akan melaksanakan kegiatan bakti sosial membantu masyarakat.

Bantuan dimulai dengan mendirikan hunian tempat tinggal sementara bagi warga yang terkena musibah tersebut.

"Kini telah didirikan tenda pengungsian dan dilaksanakan pembersihan sungai tempat MCK untuk masyarakat Kampung Hingk, Kabupaten Pegunungan Arfak yang mengalami musibah banjir bandang," ujarnya. (*)


Pewarta : Pewarta: Anwar Maga
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024