Timika (Antara Papua) - Kepala suku Kamoro Gregorius Okoare mengajak semua suku yang bermukim di Timika untuk menjaga keamanan sehingga pembangunan dapat terus berjalan.

"Mari kita jaga keamanan dan hindari pertikaian antarkelompok seperti yang selama ini terjadi," kata Gerry, panggilan akrab Gregorius dalam rapat penanganan masalah sosial di Timika yang dipimpin Ketua DPRD Mimika Elminus Mom di Timika, Jumat.

Gery mengatakan sudah cukup pertumpahan darah yang terjadi di Timika akibat pertikaian antar kelompok masyarakat dan kini saatnya membangun.

Aktivitas masyarakat harus kembali berlangsung normal karena akibat pertikaian kelompok menyebabkan warga tidak bisa beraktivitas.

Anak-anak tidak bisa bersekolah, para petani tidak bisa ke kebun dan aktivitas nyaris lumpuh, ujar Gerry Okoare.

Gerry juga menyatakan kesediaannya memberikan bantuan berupa material bangunan seperti pasir dan batu bila korban yang rumahnya dibakar ingin membangun kembali rumahnya.

"Kami siap memberikan bantuan berupa material bangunan guna meringankan beban masyarakat yang menjadi korban," kata Gerry Okoare.

Rapat penanganan konflik sosial yang berlangsung di DPRD Mimika itu yang dihadiri Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw, Danrem 174 Brigjen TNI Ahmad Marzuki, Wakil Bupati Yohanis Bassang, Sekda Mimika Ausilius Youw dan tokoh tokoh masyarakat dari kelompok suku yang bertikai. (*)

Pewarta : Pewarta: Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024