Biak (Antara Papua) - Manajemen pengelola kapal motor Kasuari Pasifik milik PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry cabang Kabupaten Biak Numfor, Papua menambah jadwal keberangkatan untuk melayani arus balik penumpang lebaran tujuan Kabupaten Manokwari, ibukota Provinsi Papua Barat menjadi dua kali seminggu.

Manager Usaha Teknik PT ASDP Biak Zulfidon di Biak, Kamis, mengatakan penambahan waktu keberangkatan Biak Numfor ke Manokwari karena meningkatnya permintaan kebutuhan angkutan penumpang kapal saat arus balik lebaran dan waktu liburan sekolah yang telah berakhir.

"Kapasitas angkut jumlah penumpang kapal ferry tujuan Biak-Manokwari sebanyak 250 orang, ya waktu keberangkatan pada Rabu dan Jumat setiap pekan," katanya.

Zulfidon mengakui, untuk pelayanan rute Biak-Serui-Waropen dan Nabire serta pulau Numfor pihak ASDP cabang Biak menyediakan satu kapal angkutan penumpang KM Maserey.

Menyinggung harga tiket kapal ferry tujuan pulau Numfor, menurut Zulfidon, untuk satu penumpang dikenakan biaya angkutan sebesar Rp77.000 dengan rincian tiket Rp75.000 dan Rp2.000 untuk pas penumpang kapal yang dikelola dinas perhubungan Kabupaten Biak Numfor.

Untuk harga tiket yang diberlakukan kepada setiap penumpang, menurut Zulfidon, sangat murah dan terjangkau untuk semua kelompok masyarakat pengguna jasa angkutan kapal ferry.

"Kehadiran kapal ferry milik ASDP sangat membantu pelayanan angkutan penumpang di wilayah Teluk Saereri yakni meliputi Biak, Yapen Kepulauan, Waropen dan Nabire serta tujuan Biak-Manokwari," demikian Zulfidon.

Hingga Kamis H+8 arus balik lebaran Idul Fitri di pelabuhan laut dan Bandara Frans Kaisiepo Biak masih ramai dan lancar. (*)

Pewarta : Muhsidin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024