Jayapura (Antara Papua) - Pemerintah Provinsi Papua mendorong pembangunan jalan dari Kanggime-Mamit-Mamberamo Raya yang dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah setempat pada 2016 segera rampung pengerjaannya.

Gubernur Papua Lukas Enembe di Jayapura, Rabu, mengatakan jalan Kanggime-Mamit dibutuhkan masyarakat, khususnya masyarakat di wilayah pegunungan Papua di Distrik Kembu, Kabupaten Tolikara.

"Jadi jalan ini sangat dirindukan oleh masyarakat, dan ini merupakan aspirasi yang disampaikan kepada kami pemerintah sejak 2013 lalu," katanya.

Dia mengatakan infrastruktur itu merupakan jalan yang bisa menghubungkan Wamena-Lanny Jaya-Tolikara-Puncak Jaya dan Mamberamo Raya.

"Ruas jalan ini sudah diusulkan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk menjadi jalan nasional, sehingga tahun depan bisa dikerjakan oleh Balai Jalan Nasional Wilayah X Papua dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN)," ujarnya.

Dia menuturkan sarana itu merupakan jalan strategis sehingga harus dibiayai APBN, di mana sudah dikerjakan kurang lebih 42 km dari Kanggime-Mamit.

"Sementara untuk menembus Kabupaten Mamberamo Raya, masih ada sekitar 400 km dengan melewati delapan distrik lagi," katanya.

Dia mengatakan Balai Jalan Nasional sendiri sudah membangun jalan dari Sarmi menuju Kabupaten Mamberamo Raya. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024