Jayapura (Antara Papua) - Ketua Komisi Pemilhan Umum (KPU) Provinsi Papua Adam Arisoy mengatakan, di hari pertama tahapan pendaftaran pilkada serentak 2017, belum ada pendaftar di enam dari 11 kabupaten/kota di Provinsi Papua yang menggelar pilkada tersebut.

Adam menyebut keenam KPU yang belum menerima pendaftaran yaitu KPU Lanny Jaya, KPU Intan Jaya, KPU Jayapura, KPU Dogiai dan KPU Nduga serta KPU Mappi.

"Sebetulnya para komisioner KPU sudah siap menerima pendaftaran namun hingga Rabu  (21/9) petang namun belum ada balon yang mendaftar," ujarnya kepada Antara.

Menurutnya, kemungkinan para pasangan bakal calon baru akan mendaftar pada Kamis (22/9) atau Jumat (23/9).

Ketika ditanya tentang pendaftaran di KPU Kota Jayapura, Arisoy mengatakan, KPU sudah mengembalikan berkas salah satu pasangan bakal calon karena tidak lengkap.

"Berkas yang merupakan pernyataan dukungan dari pengurus pusat parpol belum disertakan sehingga komisioner KPU Jayapura mengembalikan dan meminta untuk dilengkapi," jelas Adam Arisoy.

Sementara itu KPU yang sudah menerima pendaftaran yaitu KPU Kota Jayapura tercatat dua pasangan bakal calon yakni pasangan Abisay Rollo-Dipo Alam (ADI) dan pasangan Benhur Tommy Mano (BTM)-Rustam Saru (HaRus).

KPU Puncak Jaya telah menerima pendaftaran pasangan Hanock Ibo-Rinus Telenggen, KPU Tolikara menerima pendaftaran Amos Jikwa dan Rabeka Enembe, KPU Kepulauan Yapen menerima pendaftaran pasangan Tonny Tesar-Frans Sanadi, pasangan Melkianus Doom-Saul Ayomi (perseorangan) dan pasangan Benyamin Arisoi-Natan Bonay.

"Sedangkan KPU Sarmi telah menerima pendaftaran pasangan Eduard Fonataba-Yosina Insaf (perseorangan)," ujar Adam Arisoy. (*)

Pewarta : Pewarta: Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024