Jayapura (Antara Papua) - Legislator di Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) yang juga Ketua Komisi III Carolus Bolly mendukung pelibatan Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas) dalam persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 Papua, sesuai keinginan gubernur.

"Langkah yang diambil Gubernur Papua hendak menggandeng Wantiknas sudah tepat. Kami mengapresiasi langkah gubernur guna mempersiapkan Papua sebagai tuan rumah tahun 2020 mendatang," kata Carolus Bolly kepada Antara di Jayapura, Jumat.

Wantiknas merupakan lembaga yang dibentuk Presiden untuk menangani perkembangan teknologi di Tanah Air, salah satunya untuk pengoperasian sistem teknologi yang hingga kini masih belum maksimal.

Lembaga itu terus berupaya meningkatkan kualitas perkembangan teknologi di Indonesia, khususnya berkaitan dengan teknologi yang digunakan pemerintah.

Carolus berharap hasil pertemuan antara Gubernur Papua Lukas Enembe dengan Ketua Tim Pelaksana Wantiknas Ilham Akbar Habibie yang berlangsung di Jakarta, Selasa (20/9), hendaknya segera diwujudkan mengingat waktu persiapan PON XX tinggal empat tahun lagi.

Menurut dia, empat tahun waktu yang singkat karena butuh penganggaran guna mewujudkannya, dan sebagai wakil rakyat pihaknya siap mengawal rencana tersebut di DPRP.

"Segera susun rencana untuk membangun dan meningkatkan kemampuan serta kapasitas TIK hingga ke pelosok Papua khususnya membangun data center tik di lima wilayah adat," kata politisi Partai Demokrat itu.

Perencanaan tersebut, kata Carolus, juga mencakup penyusunan anggaran yang terencana sehingga dapat mewujudkan rencana tersebut.

"Dengan tik yang baik maka diharapkan dapat memberi nilai tambah bagi daerah dalam bentuk pendapatan asli daerah (PAD)," tambah Carolus Bolly. (*)

Pewarta : Pewarta: Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024