Jayapura (Antara Papua) - Jajaran Koramil 1704-10/Makbon membantu warga di Distrik Makbon, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat, membangun bak penampungan air yang nantinya dapat difungsikan sebagai sumber irigasi dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) skala kecil.

Pembangunan bak penampung air itu dilakukan sejak Jumat (23/9) dan kini telah memasuki tahapan pengecoran.

Danramil 1704-10/Makbon Kapten Inf Soleman Sanggel terlibat langsung memimpin pembangunan bak penampungan air itu.

Kapten Soleman mengatakan aliran sungai di Makbon cukup potensial sehingga perlu dibangun bak penampungan air yang nantinya akan difungsikan untuk sumber irigasi dan akan ditingkatkan kapasitasnya untuk PLTA skala kecil.

Masalah listrik di kawasan tersebut hingga kini masih menjadi kendala bagi masyarakat setempat, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah pedalaman, karena masih mengandalkan tenaga diesel sebagai sumber energi listrik.

"Untuk mengurangi pemakaian diesel kami mendukung penuh upaya dari Kepala Distrik dan Kepala Kampung Makbon dalam pelaksanaan pembangunan bak air untuk irigasi dan pendukung wacana pembangunan PLTA skala kecil," ujarnya dalam rilis yang diterima Antara di Jayapura, Minggu (25/9).

"Nantinya pembangunan PLTA itu akan melibatkan pemerintah daerah bersama masyarakat dan bantuan tenaga dari prajurit TNI dari Koramil 1704-10/Makbon," ujarnya.

Diharapkan jika PLTA di Distrik Makbon Kabupaten Sorong itu sudah dibangun, maka seluruh wilayah akan bisa dialiri listrik, karena selama ini masyarakat di daerah itu mendapatkan pasokan listrik menggunakan mesin Diesel. (*/adv)

Pewarta : Pewarta: Anwar Maga
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024