Jayapura (Antara Papua) - PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Papua hingga September 2016 menyalurkan santunan sebesar Rp12,78 miliar atau naik Rp2,89 miliar dibanding periode yang sama 2015.

"Dari data pembayaran, jumlah terbesar kecelakaan diserap oleh korban kecelakaan kendaraan bermotor roda dua, yaitu 70,04 persen," kata Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Papua Widayana di Jayapura, Rabu.

Dia menjelaskan keselamatan bertransportasi merupakan salah satu tujuan dari program yang dilaksanakan oleh Jasa Raharja dengan terus berupaya menciptakan rasa aman, tertib, lancar, nyaman dan selamat dalam berkendara.

"Jasa Raharja Papua selalu berupaya membangun sinergi dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Papua dan Papua Barat untuk membangun kesadaran dalam tertib berlalu lintas," katanya.

Selain dengan sosialisasi, Jasa Raharja juga kerap membagikan helm gratis kepada masyarakat, kemudian pemasangan billboard dan spanduk yang materinya tentang sosialisasi tertib berlalu lintas.

Ada lagi upaya lain untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas seperti pos pelayanan kesehatan kepada penumpang dan sopir di terminal-terminal yang ada di wilayah Jayapura dan kota-kota lain.

Widayana mengakui bila perkembangan dan pertumbuhan alat transportasi modern memiliki kompleksitas dalam penanganan dan regulasi untuk mengelola sistem transportasi yang baik.

Karenanya ia menilai perlunya kordinasi dan kerja sama dalam menata lalu lintas sehingga dampak sosial yang ditimbulkan dapat dikelola secara baik, termasuk kecelakaan lalu lintas. (*)

Pewarta : Pewarta: Dhias Suwandi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024