Kaimana (Antara Papua) - Babinsa Kampung Trikora bekerja sama dengan Puskesmas Kaimana di Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat, membuka layanan posyandu khusus warga lanjut usia (lansia) guna memperoleh pelayanan kesehatan secara maksimal.

Pelayanan kesehatan para lansia itu digelar Jumat (21/10) yang diawali dengan koordinasi intensif yang dilakukan Babinsa Kampung Trikora, Serda Juanda.

Dalam pandangan Serda Juanda, para lansia merupakan komunitas yang juga sangat membutuhkan perawatan kesehatan.

Oleh karena itu, dengan dibukanya posyandu lansia maka akan dapat membantu mereka mengontrol kesehatannya serta mendapatkan pelayanan kesehatan secara maksimal.

"Kegiatan ini sebelumnya sudah pernah kita laksanakan, namun hasilnya belum maksimal. Untuk itu kedepan kegiatan ini akan selalu rutin di laksanakan  tiap bulannya. Semakin banyak Lansia di kampung ini yang memerlukan perhatian khusus tentang kondisi kesehatannya," ujar Serda Juanda.

Ia mengatakan hal itu merupakan wujud penghargaan kepada para Lansia, atas jasa dan jerih payah mereka sehingga kini generasi muda penerus bangsa dapat membangun kehidupan bermasyarakat yang harmonis.

Sementara Bidan Yohana dari Puskesmas Distrik Kaimana menyatakan, masyarakat sangat antusias untuk mengikuti kegiatan itu.

Selain tidak dilakukan pungutan biaya apapun alias gratis, masyarakat juga semakin sadar akan pentingnya pemeriksaan kesehatan secara berkala, sekaligus mengetahui keluhan-keluhan kesehatannya.

"Warga sini sangat antusias, kami akan bantu sepenuhnya apabila para Lansia di sini memerlukan perawatan medis lebih," kata Yohana. (*/adv)

Pewarta : Pewarta: Staf Pendam XVII/Cenderawasih
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024