Jayapura (Antara Papua) - Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian melepas pasukan komando operasi Paskhas TNI AU yang telah sembilan bulan bertugas di bawah kendali operasi (BKO) Kodam XVII/Cenderawasih untuk wilayah Papua.

Upacara pelepasan pasukan komando operasi itu digelar di lapangan Lanud X Jayapura, di Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, pada Sabtu (22/10).

Pada momentum itu Pangdam Siburian menyampaikan bahwa atas nama keluarga besar Kodam XVII/Cenderawasih diucapkan terima kasih dan penghargaan atas segala dharma bhakti yang telah diberikan selama penugasan di wilayah Papua.

"Hal ini patut disampaikan, karena selama melaksanakan tugas di wilayah Papua tidak ada pelanggaran yang dapat mempengaruhi citra TNI di masyarakat dan para prajurit telah mengimplementasikan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI serta mampu berinteraksi langsung di lingkungan masyarakat dengan mengadakan pendekatan dan komunikasi sosial yang baik, sehingga terwujudnya situasi keamanan yang kondusif," ujarnya.

Menurut Pangdam, apa yang telah kerjakan pasukan komando operasi itu selama sembilan bulan merupakan bagian dari pelaksanaan tugas negara yang tidak semua prajurit mendapatkan kesempatan.

Tentunya semua pihak menyadari beban tugas, tingkat kesulitan dan beratnya kondisi yang dialami selama menjalankan tugas di daerah ini.

Meskipun demikian, Pangdam berharap tidak seorang prajurit pun yang menepuk dada dengan keberhasilan tugas, karena prajurit TNI memang disiapkan untuk menghadapi setiap situasi dan kondisi apapun dalam rangka mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Oleh karena itu, jadikanlah pengalaman tersebut sebagai penambah motivasi dan sarana memperbaiki diri guna menghadapi tugas-tugas pada masa mendatang," tegas Pangdam.

Khusus kepada pemerintah daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan semua pihak yang telah turut membantu kelancaran dan keberhasilan tugas, diucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, kiranya dukungan dan kerja sama yang baik ini dapat diteruskan kepada setiap prajurit TNI yang melaksanakan tugas di daerah ini.

Usai acara pelepasan dilanjutkan dengan gelar hasil operasi Satgas Paskhas TNI-AU BKO Kodam XVII/Cenderawasih selama kurun waktu sekitar sembilan bulan bertugas di Bumi Cenderawasih.

Turut hadir pada acara pelepasan tersebut para Asisten Kasdam ,Danrem 172/PWY, Danlanud X Jayapura dan Kabalak Kodam XVII/Cenderawasih. (*/adv)

Pewarta : Pewarta: Staf Pendam XVII/Cenderawasih
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024