Jayapura (Antara Papua) - Satgas Yonif Mekanis 516/CY menemukan ladang ganja di wilayah perbatasan RI-PNG, saat melaksanakan patroli keamanan yang dipimpin Komandan Pos Waris Sertu Hasyim, pada Minggu (13/11).

Komandan Satgas Yonif Mekanis 516/CY Letkol Inf Lukman Hakim SSi menyampaikan bahwa ladang ganja itu berada di daerah sekitar Waris.

"Berawal pada pukul 10.45 WIT tim patroli pos Waris melaksanakan patroli. Sekitar  pukul 11.30 WIT di CO 9935-4465 Pratu Agus S dan Praka Jiman menghentikan patroli karena melihat beberapa pohon ganja, kemudian Sertu Hasyim memerintahkan anggota tim patroli untuk melakukan penyisiran dan mencabut pohon ganja setinggi dua meter itu secara menyeluruh," ujarnya.

Setelah melakukan penyisiran secara menyeluruh Danpos memerintahkan untuk membawa 11 batang pohon ganja menuju pos untuk diamankan, kemudian melaporkan hal itu kepada Komandan Kompi A Satgas Yonif Mekanis 516/CY Lettu Inf Hari Sutanto.

Selanjutnya Lettu Hari melaporkan kepada Dansatgas Yonif Mekanis 516/CY Letkol Inf Lukman Hakim dan menyerahkan barang bukti tanaman ganja kepada staf intel Satgas Yonif Mekanis 516/CY.

Menindaklanjuti hasil penemuan ladang ganja di wilayah Distrik Waris itu, Dansatgas Yonif Mekanis 516/CY memerintahkan kepada seluruh jajaran Satgas Yonif Mekanis 516/CY untuk terus aktif mencari dan menggali informasi terkait keberadaan ladang ganja lain yang dimungkinkan masih terdapat di sekitar perbatasan RI PNG.

Selain itu, memperketat dan meningkatkan penjagaan dan pengamanan wilayah perbatasan darat RI-PNG melalui kegiatan patroli maupun "sweeping" darat.

Dansatgas Yonif 516/CY kemudian melaporkan kepada Dankolakops Kore 172/PWY dan berkoordinasi dengan pihak berwenang terkait penemuan tanaman ganja tersebut. (*/adv)

Pewarta : Pewarta: Staf Pendam XVII/Cenderawasih
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024