Jayapura (Antara Papua) - Dinas Kesehatan Kabupaten Paniai, Provinsi Papua, mengapresiasi gebrakan Gubernur Papua Lukas Enembe di bidang kesehatan.

"Kami sangat mengapresiasi gebrakan Bapak Gubernur Papua di bidang kesehatan. Dinas Kesehatan Provinsi Papua telah memberikan bantuan kendaraan operasional berupa mobil dan motor kepada beberapa Dinas Kesehatan kabupaten/kota, termasuk Paniai, " kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Paniai, Roby Kayame di Jayapura, Rabu.

Pada Selasa (29/11) Dinas Kesehatan Papua menyerahkan bantuan delapan unit kendaraan operasional untuk Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota guna meningkatkan pelayanan medis dan mendekatkan pelayanan kesehatan kepada warga.

Daerah yang mewakili wilayah pesisir dan menerima bantuan tersebut yakni Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Mappi dan Kota Jayapura.

Sementara daerah yang mewakili wilayah pegunungan yakni Kabupaten Paniai, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Tolikara.

Menurut Roby, bantuan kendaraan operasional yang diberikan merupakan wujud kepedulian untuk mendorong layanan dan tugas di lapangan.

Banyak wujud kepedulian yang sudah dibuat oleh Gubernur Papua melalui Dinas Kesehatan Papua diantaranya Kartu Papua Sehat, dan program pelayanan kesehatan kaki telanjang, terbang dan terapung.

"Bantuan kendaraan operasional berupa kendaraan berupa mobil Hilux yang diberikan kepada kami ini akan digunakan untuk memperlancar pelayanan kesehatan di Kabupaten Paniai dan sekitarnya," ujarnya.

Dia mengatakan tidak hanya di Kabupaten Paniai, kendaraan operasional itu juga akan digunakan untuk membantu layanan kesehatan di beberapa kabupaten yang berada di sekitar Kabupaten Paniai yang bisa ditempuh melalui jalur darat.

Kabupaten tersebut yakni Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Deiyai dan Kabupaten Intan Jaya yang bisa diakses melalui jalur darat/jalan darat.

"Dengan adanya bantuan kendaraan operasional ini dapat mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, terutama kepada masyarakat yang berada di daerah pedalaman dan susah dijangkau," ujarnya. (*)

Pewarta : Pewarta: Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024