Biak (Antara Papua) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) terpilih jalur pengangkatan otonomi khusus (Otsus) untuk wilayah Kabupaten Biak Numfor, Teluk Saereri, Yohanis Ronsumbre hingga kini terus menunggu surat keputusan (SK) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Hingga kini masih menunggu SK Kemdagri terkait pengesahan calon anggota DPRP terpilih jalur otsus khusus orang asli Papua," kata  Yohanis Ronsumbre, di Biak, Minggu.

Yohanis berharap SK penetapan 14 anggota DPRP jalur Otsus segera diterbitkan sehingga calon terpilih segera dilantik untuk menjalankan tugas sebagai wakil rakyat di lembaga legislatif Provinsi Papua.

"Sebagai satu dari 14 caleg DPRP OAP terpilih daerah pengangkatan teluk Saereri saya siap menjalankan amanah masyarakat adat Papua dalam mengemban tugas menjabat sebagai wakil rakyat," ungkap Yohanis.

Disinggung apakah nantinya membentuk fraksi sendiri di DPRP, Yohanis mengtakan hal itu belum ada aturannya tetapi sesuai informasi 14 anggota terpilih OAP akan bergabung dengan fraksi yang sudah ada.

"14 anggota DPRP terpilh jalur otsus tidak menutup kemungkinan dapat membentuk fraksi sendiri tapi kami belum bisa berkomentar karena masih menanti terbitnya SK pelantikan dan pengesahan," katanya,

Sebelumnya, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Biak Numfor Paulus Resirwawan membenarkan proses pengangkatan 14 calon anggota legislatif DPRP orang asli Papua terpilh dari jalur Otsus masih menanti terbitnya SK dan jadwal pelantikan.

Berdasarkan data pengangkatan 14 caleg DPRP jalur otsus berasal dari lima wilayah adat yakni Tabi, Saereri, Lapago, Meepago dan Anim Ha. (*)

Pewarta : Pewarta: Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024