Timika (Antara Papua) - Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) Timika, Papua berkomitmen mencetak generasi muda Mimika yang berkualitas untuk membangun Mimika di masa depan.

Kepala Biro Pendidikan LPMAK, Titus Kemong di Timika, Senin, mengatakan kendati LPMAK mengalami pasang-surut dalam pengelolaannya namun Biro Pendidikan LPMAK selalu berkomitmen tinggi untuk menciptakan generasi muda yang memiliki intelektual tinggi dan berkepribadian serta moral yang baik melalui pendidikan.

Salah satu program yang dijalankan Biro Pendidikan dalam mendukung terciptanya generasi Mimika yang berkualitas tersebut adalah melalui program beasiswa berjenjang yang dimulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini hingga perguruan tinggi.

"Hasil dari program ini sudah banyak, ada yang kemudian bekerja di pemerintahan atau ada juga yang bekerja di swasta," tutur Titus.

Titus mengatakan program beasiswa dan pendampingan selama masa studi dilakukan pihaknya dengan serius. Pihaknya tidak segan-segan mengentikan program beasiswa kepada mahasiswa atau siswa yang tidak taat dengan aturan di sekolah maupun di asrama.

Ia mengatakan keberhasilan program tersebut tidak terlepas dari dukungan semua pihak termasuk lembaga mitra di beberapa kota studi yang ada di Indonesia. Dalam melakukan pembinaan intelektual dan juga kepribadian ketika anak-anak program beasisiwa tersebut kembali asrama.

"Hingga kini tercatat sebanyak 1200 anak di semua jenjang yang sementara kami biayai dalam program beasiswa LPMAK dati jenjang PAUD-PT. Sebanyak 700 orang yang ada di jenjang perguruan tinggi sedangkan yang lannya masih di pendidikan dasar dan menengah," katanya. (*)

Pewarta : Pewarta: Jeremias Rahadat
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024