Nabire (Antara Papua) - Komandan Kodim (Dandim) 1705/Paniai Letkol Inf Jeryy HT Simatupang mendatangani para petani yang sedang panen padi sekaligus menggelar komunikasi sosial guna menyerap aspirasi terkait program sawasembada pangan, di Kampung Wadio, Distik Nabire Barat, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua, Rabu (22/3).

Dandim di dampingi Pasiter Kapten Inf Eko Sulistiyono, dan petugas penyuluh lapangan (PPL) Dinas Pertanian Kabupaten Paniai Hasrudin, dan Babinsa Kampung Wadio Sertu Saiful Hadi.

Dandim dan rombongan sempat bercengkerama dengan kelompok tani Makmur Rahayu yang sedang panen padi bersama.

Dandim ingin mengetahui berbagai permasalahan dan kendala yang di hadapi dalam pengerjaan sawah sampai masa panen.

Perwira menengah TNI itru kemudian memotivasi para petani untuk tetap semangat  mewujudkan swasembada pangan di wilayah Kabupaten Nabire.

"Melalui komunikasi sosial itu diharapkan dapat memotivasi petani untuk berinovasi  membangun pertanian dalam meningkatkan daya saing produksi pertanian sebagaimana tersirat dalam visi dan misi Bupati Nabire yang tentunya harus sejalan dengan program swasembada pangan yang berkelanjutan," ujarnya.

Dandim juga menginformasikan bahwa ia sudah menugaskan seluruh Babinsa yang ada di setiap kampung di kabupaten itu, untuk senantiasa mendampingi petani dalam mewujudkan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Nabire.

"Nantinya para Babinsa yang akan menampung semua aspirasi dan setiap permasalahan para petani, dan permasalahan tersebut bisa kami koordinasikan dengan Dinas Pertanian setempat, sehingga setiap permasalahan yang menyangkut masalah pertanian bisa cepat dicarikan solusinya secara bersama-sama," tambahnya. (*/adv)

Pewarta : Pewarta: Anwar Maga
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024