Jayapura (Antara Papua) - Wakil Asisten Operasi (Waasops) Panglima TNI Laksamana Pertama (Laksma) TNI Nur Hidayat didampingi Danrem 172/PWY Kolonel Inf Boni C. Pardede, melakukan pengecekan kesiapan pasukan Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) Kodam XVII Cenderawasih, di Mako Yonif 751/Raider Sentani, pada Kamis (4/5).

Satgas Pamrahwan Yonif 751/Raider yang akan ditempatkan di wilayah pamrahawan di Papua sebanyak 1.280 orang yang akan melaksanakan tugas di berbagai pos.

Sebelumnya, mereka telah melaksanakan latihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan satuan tugas Yonif organik Kodam XVII/cenderawasih.

Latihan tersebut terkait tugas pengamanan operasi daerah rawan di Papua sekaligus meningkatkan kemampuan secara perorangan maupun dalam level kompi untuk mendukung tugas yang akan mereka hadapi di daerah penugasan masing masing.

Pada kesempatan tersebut Laksma Nur Hidayat menyampaikan bahwa pemeriksaan itu perlu dilakukan mengingat cuaca dingin dan topografi bergunung-gunung serta ancaman gerakan separatis bersenjata yang masih berada di daerah rawan tersebut.

"Pengecekan ini sangat perlu untuk mengetahui apakah benar-benar? personil secara fisik dan kemampuan sudah siap," ujarnya.  

Selain itu, untuk mengecek perlengkapan dan peralatan dalam kesiapan satgas, mulai dari alat kelengkapan satuan hingga perlengkapan perorangan yang sudah diberikan kepada para anggota, apakah sudah sesuai dukungan dari komando atas (Mabes TNI).

Di akhir kegiatan Laksma Nur Hidayat berpesan kepada seluruh prajurit yang akan melaksanakan pamrahwan agar selalu menjaga kekompakan antarprajurit sehingga dapat berhasil dalam tugas.

"Selalu dapat mengendalikan diri sehingga setiap prajurit dalam melaksanakan tugas dapat berkomunikasi dengan baik kepada masyarakat dan selalu menjaga kesehatan sehingga mampu menjalankan tugas dengan baik," ujarnya.

Dengan adanya Kompi Pamrahwan yang ditempatkan di daerah rawan, maka dapat menjaga keamanan masyarakat dan membantu kesulitan rakyat, sehingga kehidupan masyarakat di sekitar pos pamrahwan dapat menjadi lebih baik, serta tetap menjaga kebanggaan dan kehormatan prajurit untuk selalu berbuat terbaik, berani, tulus dan ikhlas dalam mengabdikan diri demi kejayaan bangsa dan negara. (*/adv)

Pewarta :
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024