Jayapura (Antara Papua) - SMAN 1 Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, menjuarai lomba peraturan baris berbaris (PBB) yang diselenggarakan guna memperingati HUT ke-54 Kodam XVII/Cenderawasih.

Perlombaan PBB itu diikuti oleh 33 peserta dari SMU/SMK di Kota dan Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, dan Sarmi, yang dilaksanakan sejak 5-12 Mei 2017.   

Pada babak final diikuti oleh enam peserta, yang digelar di Lapangan Apel Makodam XVII/Cenderawasih, di Bukit Polimak, Kota Jayapura, Papua.

Keenam peserta itu yakni tim SMA Pembangunan 5 Yapis, SMKN 1 Penerbangan, SMAN 1 Jayapura, SMAN 1 Keerom, SMKN 1 Sentani, dan tim SMAN 1 Sentani.

Stelah keenam tim itu kemudian memperlihatkan kebolehannya dalam baris berbaris di hadapan tim juri.

Hasilnya, juara I diraih tim SMAN 1 Sentani, disusul SMKN Sentani di posisi II, dan SMAN 1 Keerom di posisi III.

Juara I berhak mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp10 juta, juara II Rp5 juta, dan juara III sebesar Rp3 juta.

Sedangkan juara Harapan I, II dan III masing-masing diraih SMAN 1 Jayapura, SMKN 1 Penerbangan dan SMA Pembangunan 5 Yapis, dan berhak mendapat masing-masing Rp3 juta, Rp2 juta dan Rp1 juta.

Asisten Teritorial (Aster) Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Edward Sitorus sebagai Koordinator Lomba menyampaikan bahwa perlombaan tersebut selain untuk memeriahkan HUT ke-54 Kodam XVII/Cenderawasih, juga untuk memberikan wawasan, disiplin dan membentuk karakter generasi muda khususnya siswa-siswi SMU/SMK.

"Maksudnya agar tertanam rasa tanggung jawab serta untuk meningkatkan disiplin pribadi masing-masing yang nantinya secara langsung akan mempengaruhi juga watak atau karakter generasi muda," ujarnya.

Kolonel Edward juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah ikut berpartisipasi dalam memeriahkan HUT ke-54 Kodam XVII/Cenderawasih. (*/adv)

Pewarta :
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024