Jayapura (Antara Papua) - Satuan tugas (Satgas) pengamanan perbatasan (Pamtas) RI-PNG dari Yonif 310/Kidang Kancana (KK) bersama Koramil 1711-04/Gententiri dan masyarakat setempat menggelar jalan sehat di Asikie, Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua.

Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Yonif 310/KK Letkol Inf Cecep Kurniyawan ketika di hubungi dari Kota Jayapura, Minggu mengatakan jalan sehat itu untuk memperingati HUT ke-71 Kodam III/Siliwangi.

"Jalan sehat ini untuk memperingati HUT ke-71 Kodam III/Siliwangi yang diperingati tiap 20 Mei," katanya.

Menurut dia, dalam momentum jalan sehat itu, para peserta diwajibkan untuk mengikuti rute yang telah ditentukan oleh panitia.

Sebab, di dalam rute tersebut terdapat dua pos, di mana pos pertama untuk pemberian air minum dan pos kedua yang berada di tempat finish untuk pembagian kupon peserta jalan sehat.

"Melalui kegiatan jalan sehat dengan komponen masyarakat ini, kami ingin pererat tali silaturahmi serta perkokoh persatuan dan kesatuan bangsa," katanya.

"Kegiatan ini bukan sekedar bentuk eforia saja melainkan sebagai bentuk menghidupkan kembali semangat masyarakat dalam menyehatkan jasmani," lanjut Cecep.

Salah satu peserta gerak jalan, Siti Jubaidah menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangat diminati oleh warga Asikie.

"Kami ucapkan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan gerak jalan ini, sehingga kami masyarakat dapat bersama-sama bapak-bapak TNI dari satgas dan kenal dengan mereka semua, dan juga sangat senang karena kegiatan seperti ini membuat kami masyarakat lebih dekat dengan bapa TNI," kata Siti.

Sementara itu, tokoh masyarakat yang juga Kepala Kampung Sabastianus Teatenon ikut dalam gerak jalan santai tersebut menyampaikan apresiasinya.

"Saya mewakili masyarakat sangat berterima kasih kepada TNI yang bertugas disini, mereka sangat baik dan sangat membantu masyarakat. Kami tidak bisa membalas apa-apa semoga Tuhan selalu memberkati bapak-bapak sekalian dalam melaksanakan tugas negara ini, dan kami masyarakat sangat mendukung TNI," katanya.

Untuk menyemangati partisipasi para peserta, panitia menyiapkan berbagai door prize, antara lain mesin cuci, tungku pemanas elektrik, magic com, kipas angin dan hadiah menarik lainnya.

Acara jalan sehat itu didukung oleh Bank BRI, BNI dan perusahaan swasta setempat. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024