Jayapura (Antara Papua) - Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke-99 Kodim 1705/Paniai bersama masyarakat membangun kembali honai (rumah khas Papua) yang terletak satu kilometer dari Kampung Bomopai, Distrik Yaro, Kabupaten Nabire, Papua.

Kepala penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Letkol (Inf) M Aidi ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Sabtu, mengatakan bahwa pembangunan kembali honai milik Yermias Iyai itu dikoordinasikan oleh Serka Depris bersama anggota Satgas TMMD lainya.

"Honai itu dibangun kembali, setelah Serka Depris melihat bahwa rumah khas Papua itu sudah mulai rusak dimakan usia," katanya.

Serka Depris bersama sejumlah rekannya yang sedang melaksanakan kegiatan TMMD mengajak warga lainnya agar bersama-sama bergotong royong membangun kembali honai milik Yermias Iyai.

"Kegiatan ini merupakan salah satu sarana komunikasi sosial yang dilaksanakan oleh satuan kewilayahan dengan tujuan untuk membantu pembuatan honai, guna mempererat hubungan baik seluruh komponen masyarakat dan membangun kemanunggalan TNI-rakyat," katanya.

Menurut dia, pembuatan honai yang dilakukan anggota satgas itu membuktikan kerja sama antara TNI dengan masyarakat masih tetap baik.

"Bahwa dengan membantu masyarakat merupakan bukti nyata TNI dan masyarakat akan senantiasa melestarikan nilai-nilai kebersamaan dan kegotong-royongan yang merupakan budaya bangsa kita yang harus tetap kita pertahankan," katanya.

Secara terpisah Yermias Iyai menyampaikan banyak terima kasih kepada anggota Satgas TMMD Kodim 1705/Paniai yang telah membantu membuat honai.

"Terimah kasih kepada para anggota satgas TMMD yang mau meluangkan waktunya untuk membantu dalam kegiatan pembuatan honai bersama-sama dengan kami walaupun sudah dipadati dengan kegiatan pembangunan rumah ibadah atau gereja yang dijadwalkan selesai pada awal bulan depan," katanya.(*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024