Jayapura (Antara Papua) - Sekolah sepak bola (SSB) Rindam U15 berhasil menjuarai turnamen sepak bola Danlantamal Cup IV di Manokwari, Papua setelah dilaga final mengalahkan SSB Mansinam Manokwari U15 dengan skor 2-0.

Pelatih SSB Rindam U15 Serka Plato di Jayapura, mengatakan turnamen yang digelar dari 4-19 Juli 2017 itu diikuti oleh 10 tim dari Provinsi Papua dan Papua Barat.

"Kami bersyukur dengan kemenangan anak-anak ini. Lawan yang kami hadapi, memiliki materi bagus dan persiapan yang matang. Namun, anak-anak memiliki kebersamaan dan kekompakan yang luar biasa. Mereka juga disiplin dan mau mendengar instruksi pelatih," katanya mengaku baru kembali dari Manokwari, Papua Barat.

Keberhasilan tim SSB Rindam U15, kata Plato, tidak terlepas dari dukungan yang diberikan oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit maupun Danrindam Kolonel Inf Thevi Angandowa Zebua yang selama ini telah banyak memberikan masukan dan semangat, sehingga meraih sukses.

"Ini tidak lepas dari dukungan semua pihak serta Danrindam sebelumnya yang banyak berikan arahan serta motivasi kepada anak-anak," kata Plato.

Kapten tim SSB Rindam U15, Adriel Manuri yang mencetak doa gol kemenangan mengaku timnya pada turnamen Danlantamal Cup IV berhasil diraih dengan susah payah.

"Selain lawan yang sangat bagus, kami juga harus mendapat ujian mental, melalui tekanan wasit dan penonton. Namun, ini hasil kerja keras dan kekompakan kita," kata Adriel.

Sementara itu, Danrindam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Thevi Angandowa Zebua mengapresiasi sukses yang diraih timnya pada ajang tersebut.

"Mereka sukses, ini wajib diapresiasi karena Turnamen Aro-M Danlantamal Cup IV tersebut merupakan turnamen besar dan tempatnya diluar Papua. Kami bersyukur dengan prestasi ini. Saya rasa, anak-anak layak mendapat prestasi ini," katanya.

Namun, menurut Danrindam, menjadi juara di turnamen yang diikuti itu bukan merupakan tujuan utama mereka. Tujuan utamanya adalah memproduksi pemain sepak bola profesional dari Papua sehingga bisa bermain di ajang nasional maupun internasional.

Lebih lanjut Danrindam XVII/Cen menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim SSB Rindam U15 beserta para offisial dan pendukung yang telah berhasil meraih juara I dalam turnamen Danlantamal Cup dan membawa nama baik bagi Rindam khususnya Kodam XVII/Cenderawasih.

"Untuk kedepannya jika ada turnamen yang berskala nasional SSB Rindam U15 akan diupayakan untuk mengikuti turnamen tersebut. Harapannya tim SSB Rindam U15 agar mempertahankan prestasi yang telah diraih dan selalu menjaga fisik dan kekompakan seluruh tim," katanya.

Pada Sabtu pekan kemarin, tim SSB Rindam U15 tiba di pelabuhan Jayapura sekitar pukul 07.00 WIT. Kedatangan Tim SSB Rindam di sambut oleh perwakilan organik Rindam XVII/Cenderawasih yang di pimpin oleh Kasiter Rindam Kapten Inf Suprihono.

Setelah acara penyambutan selesai dilanjutkan dengan pawai dari pelabuhan Jayapura, Kota Jayapura menuju asrama Rindam XVII/Cenderawasih di Kabupaten Jayapura yang disambut oleh Danrindam XVII/Cen beserta warga. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024