Jayapura (Antara Papua) - Kepala kepolisian daerah (Kapolda) Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar memimpin pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut dengan kedalaman 11 meter di perairan Base-G, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua, Minggu (6/8).

Kepala bidang (Kabid) hubungan masyarakat (Humas) Polda Papua Kombes Pol AM Kamal di Kota Jayapura, Minggu malam mengatakan pengibaran bendera merah putih itu dilakukan pada Minggu pagi sekitar pukul 08.30 WIT.

"Kegiatan tersebut dalam rangka peringatan Gerakan Cinta Bahari Papua, Program Polisi Sahabat Alam dan dalam rangka peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI pada 2017," katanya.

Pengibaran bendera itu diikuti oleh 88 penyelam gabungan Polri dan TNI, komunitas penyelam dan Ibu Ketua Bhayangkari Ny Boy Rafli Amar.

"Hadir pula Wakapolda Papua Brigjen Pol Agus Rianto, beserta pejabat utama polda, Danlanud Jayapura, Wadan Lantamal X Jayapura, Kepala Bank Indonesia, beberapa komunitas pencinta alam bahari, Basarnas, dan komunitas Orari," katanya.

Sebelum menuju ke titik pengibaran Bendera Merah Putih, kata Kamal, para penyelam melaksanakan titik kumpul di kolam Tirta Mandala, yang dilanjutkan para penyelam menaiki kapal yang sudah di siapkan oleh Direktorat Polisi Perairan Polda Papua.

Selanjutnya para penyelam dengan menggunakan kapal menuju titik pengibaran bendera Merah Putih di Pantai Base-G Jayapura yang merupakan titik lokasi yang sudah ditentukan untuk dilakukankannya pengibaran bendera.

Namun, sebelum dilakukan pelaksanaan penyelaman oleh para penyelam diawali dengan dibunyikan sirine mempertandakan bahwa para penyelam sudah siap dan dapat turun ke dasar laut dengan kedalaman kurang lebih 11 meter.

"Setelah dilakukan pengibaran bendera Merah Putih di dasar laut para penyelam kembali ke permukaan dan menaiki kapal masing-masing dan dilanjutkan dengan foto bersama Kapolda Papua berserta ibu dan para komunitas penyelam yang ada di Kota Jayapura," katanya. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024