Biak (Antara Papua) - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Biak Numfor, Papua, Otto P.Wainggai mengatakan, pembangunan enam dermaga pelabuhan laut di kepulauan Biak Numfor pada tahun anggaran 2017 untuk menunjang sektor pelayanan jasa transportasi bagi warga di wilayah kepulauan Biak.

"Sumber pembiayaan pembangunan dermaga dengan dari dana Otonomi Khusus Papua sebesar Rp800 juta, empat dari dana alokasi khusus afirmatif Kementerian Desa sebesar Rp11,5 miliar serta satu dermaga dikelola satker pusat Kementerian Perhubungan," kata Kadishub Biak Numfor Otto Wainggai menanggapi pembangunan dermaga pelabuhan laut, Senin.

Ia mengatakan pembangunan dermaga pelabuhan laut di berbagai lokasi pulau Biak dengan kapasitas kapal dengan daya angkut 60 gross ton.

Disinggung status tanah di lokasi pembangunan dermaga pelabuhan, menurut Kadishub Otto Wainggai, hingga saat ini tidak ada masalah dan sudah mendapat dukungan masyarakat lokal setempat.

Fasilitas dermaga pelabuhan laut yang dibangun pemerintah, lanjutnya, merupakan tempat pelayanan publik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah kepulauan.

"Ketersedian pelabuhan di wilayah kepulauan menjadi program strategis untuk membuka isolasi daerah serta mmbantu warga dalam memasarkan hasil kebun dan perikanan," ujarnya.

Kadishub Otto Wainggai berharap, pekerjaan pembangunan dermaga pelabuhan laut yang dibiayai pemerintah kabupaten Biak Numfor dan Satker kementerian Perhubungan dapat berjalan lancar hingga selesai..

Berdasatkan data pekerjaan pembangunan enam dermaga pelabuhan laut di Kabupaten Biak Numfor hingga Senin, 7 Agustus 2017 masih dalam proses pelelangan secara elektronik. (*)

Pewarta : Pewarta: Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024