Timika (Antara Papua) - Ausilius You akhirnya kembali menjabat sekretaris daerah definitif di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, setelah diaktifkan kembali oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

Ausilius di Timika, Kamis, mengatakan, Gubernur Mimika akhirnya menandatangani SK Nomor SK.821.2-06 tentang pengangkatan kembali Ausilius You dalam jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika.

Pengumuman pengaktifan kembali dirinya sebagai Sekda Mimika seharusnya dilakukan oleh Bupati Eltinus, namun karena berhalangan sehingga Ausilius diminta oleh bupati untuk menyampaikan hal tersebut kepada seluruh pegawai pemerintahan Mimika.

"Pak Bupati sudah tanda tangan SK pengaktifan kembali dan beliau suruh saya untuk umumkan," kata Ausilius.

Meskipun pengaktifan kembali dirinya sebagai sekda definitif baru dilaksanakan, namun Ausilius mengaku jika selama ini dirinya selalu menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagaimana mestinya.

"Selama ini saya jalan, ada beberapa kewenangan tertentu yang saya laksanakan salah satunya penandatanganan berkas kenaikan berkala golongan dan sebagainya," tuturnya.

You berharap seluruh jajaran pemerintahan dapat bersinergi dan saling mendukung untuk memajukan pembangunan Mimika melalu peran dan fungsi masing-masing.

"Mari kita bergandengan tangan mengedepankan Eme Neme Yauware, karena ada kekuatan di sana," ujarnya.

Pengaktifan kembali Ausilius menggantikan pelaksana tugas Sekda Mimika Alfred Dou dilakukan atas desakan dari Direktur Jendral Otonomi Daerah (Dirjen OTDA) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Soni Sumarsono kepada Bupati Mimika pada Rabu (16/8) saat Sumarsono memimpin apel pagi seluruh ASN di lingkungan Pemkab Mimika di Timika.

Soni menjelaskan bahwa berdasarkan undang-undang sekda bertugas mengawal RAPBD Perubahan dan APBD dalam proses hukum dan akuntabilitas.

"Untuk menyerahkan RAPBD Perubahan?harus dikawal langsung oleh sekda dan bukan pelaksana tugas (Plt) sekda agar tidak bermasalah secara hukum," ujarnya.

Menurut Sumarsono, dengan semangat dan komitmen Bupati Mimika untuk membenahi birokrasi pemerintahan Kabupaten Mimika, maka Sekda yang ada harus diaktifkan.

"Karena dalam konsolidasi itu tidak ada menang dan kalah. Jadi semuanya mari siapkan langkah kedepan yang lebih baik untuk kemajuan Mimika," ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Mimika Eltinus Omaleng secara resmi mencopot Ausilius You dari jabatan Sekretaris Daerah setempat sejak 9 Juni 2016, dengan alasan karena sudah lama menjabat hingga beberapa periode.

Guna mengisi jabatan yang lowong yang ditinggalkan Ausilius You, Bupati Omaleng menunjuk Alfred Douw yang kini menjabat Asisten IV Setda Mimika selaku pelaksana tugas Sekda Mimika.

Ausilius You diangkat menjadi Sekda Mimika sejak 2012 sejak masa kepemimpinan Bupati Mimika Klemen Tinal (kini menjabat Wakil Gubernur Papua) hingga Bupati Abdul Muis.

Pada 2013 hingga 2014, You dipercayakan menjabat Caretaker Bupati Mimika saat daerah itu menggelar kegiatan Pilkada.

Setelah pasangan Eltinus Omaleng-Yohanis Bassang dilantik menjadi Bupati-Wakil Bupati Mimika pada September 2014, Ausilius You kembali ke jabatan awalnya sebagai Sekda Mimika. (*)

Pewarta : Pewarta: Jeremias Rahadat
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024