Merauke (Antara Papua) - Tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan Subkorwil-3/ Merauke menggelar pelayanan kesehatan gratis di Kampung Kamangi, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

Bertempat di SD Negeri Kamangi, Tim Pengabdian Masyarakat Subkorwil-3/ Merauke bekerja sama dengan Tim Kesehatan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Yonif 310 dan Yonif 405 serta puskesmas setempat, menggelar pengobatan dan khitanan massal.

"Lima wilayah Ekspedisi ini masih banyak masyarakat yang tinggal di pedalaman. Kegiatan ini bertujuan untuk menerangkan kepada masyarakat bahwa bangsa Indonesia itu besar, mereka mempunyai banyak saudara, diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan mereka," ujar Komandan Korem 174/ATW Brigjen TNI Asep Setia Gunawan dalam kunjungannya.



"Semoga apa yang kami lakukan ini bisa menjadi pemicu bagi masyarakat untuk lebih peduli pada sesama," sambung Komandan Subkorwil-3/ Merauke, Mayor Inf Yoki Malinton.

Kehadiran Tim Ekspedisi NKRI memberikan pelayanan kepada masyarakat merupakan salah satu bentuk realisasi dari program pemerintah yaitu Nawa Cita.

Kurang lebih 80 orang menerima layanan kesehatan dan khitan massal secara gratis.

Mayoritas menderita batuk pilek, penyakit kulit dan hipertensi.

Warga mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini dan berharap bisa dilaksanakan secara berkesinambungan.

"Kami senang Tim Ekspedisi sudah membawa obat dan menyembuhkan kami pu (punya) badan. Terima kasih untuk tim Ekspedisi dan juga semua bapak-bapak di sini," ujar Felix, salah satu warga yang berobat.

Selain pengobatan dan khitanan massal, Tim Ekspedisi NKRI juga memberikan makanan pendamping bagi warga Kampung Kamangi.

Adapun jenis makanan pendamping yang diberikan berupa makanan pendamping ASI, Bumil dan Anak Sekolah.



Siswa/i SD Negeri Kamangi juga mendapat tambahan multivitamin untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang mereka.

"Kehadiran Tim Ekspedisi di Merauke ini sangat membantu masyarakat. Masyarakat selama ini macam kurang mendapat perhatian dari pusat. Sekarang tim dari pusat datang untuk melihat keadaan kami yang sebenarnya, kami senang dan merasa macam dekat. Terima kasih anak-anak kami mendapat makanan tambahan dan juga vitamin, agar mereka sehat seperti anak-anak lainnya," ujar Sisilia, Kepala Sekolah SD Negeri Kamangi. (*/adv)


Pewarta :
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024