Jayapura (Antara Papua) - Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Herman Asaribab memimpin sidang panitia penentuan terakhir (Pantukhir) pemilihan calon Tamtama PK TNI AD Gelombang II Tahun 2017 Sumber Pedalaman Subpanpus Jayapura, pada Senin (23/10).

Sidang pantukhir yang digelar di Aula Serbaguna Rindam XVII/Cenderawasih itu diikuti sebanyak 98 orang yang calon Tamtama yang seluruhnya putra daerah asli Papua dan 56 orang dinyatakan lulus, yakni 50 orang dari Jayapura, 5 orang dari Biak dan 10 orang dari Merauke.

Kasdam menyampaikan bahwa sidang Pantukhir Tamtama PK TNI AD Gelombang II Tahun 2017 khusus Sumber Pedalaman Subpanpus Jayapura merupakan bagian dari proses memilih calon yang memenuhi syarat, berdasarkan hasil seleksi dan pemeriksaan yang meliputi aspek administrasi, jasmani, kesehatan, psikologi dan mental ideologi serta kesehatan jiwa.



Diharapkan sidang ini hendaknya dapat menjaring putra asli daerah Papua untuk menjadi prajurit tanpa mengabaikan persyaratan standar yang telah ditentukan.

Sebagai rangkaian akhir dari sebuah proses penerimaan sehingga diperlukan kecermatan dalam pelaksanaanya.

"Melihat sebanyak-banyaknya tingkat kecakapan, penampilan, kepandaian ilmu pengetahuan, kepribadian, tanggap, tanggon dan trengginasnya dari seorang calon prajurit sebagai kriteria pilihan utama dari panitia dalam merekrut prajurit TNI AD yang berkualitas," ujar Brigjen Herman Asaribab.

Kasdam menambahkan, dengan adanya proses seleksi ini maka nantinya tidak ada calon prajurit yang disersi maupun sakit berat sehingga tidak dapat melanjutkan pendidikan yang diakibatkan oleh proses penyeleksian kurang optimal.



"Tanggung jawab moral yang sangat berat tersebut bukan hanya dari TNI selaku institusi yang memberikan tugas tetapi juga kepada masyarakat dan Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, juga untuk menepis adanya tudingan miring yang menganggap bahwa masuk atau menjadi anggota TNI harus membayar sejumlah uang," ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut tersebut Ketua Tim Pusat Brigjen TNI Dudung Abdurahaman, Danrem 172/PWY, Aspes Kasdam XVII/Cenderawasih, Kajasdam XVII/Cenderawasih dan Kakesdam XVII/Cenderawasih. (*/adv)

Pewarta :
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024