Timika (Antara Papua) - Sebanyak dua ratusan petani yang terdiri dari kelompok-kelompok petani sayur di Timika, Mimika, Papua menggelar Regional Expo Sayuran.

Expo yang digelar, atas kerja sama PT Ewindo yaitu perusahaan benih sayuran terpadu dan Prisma yang merupakan program kerja sama Pemerintah Australia dan Indonesia di bidang pertanian yang menampilkan tujuh varietas.

Tujuh varietas yang ditampilkan tersebut antara lain, kangkung, kol, cabe, bawang merah, jagung, melon dan ketimun.

PT Ewindo sendiri dalam hal ini berperan sebagai penyedia bibit varietas yang ditanam para petani sedangkan Prisma bergerak di bidang pendampingan para petani terkait bagaimana mengembangkan varietas-varietas tersebut sehingga produksi petani semakin banyak.

Kegiatan yang expo yang juga diisi dengan penyuluhan pertanian kepada dua ratusan petani tersebut dibuka oleh Asisiten III Setda Mimika, Lopianus Foakubun.

Lopianus mengatakan pemkab Mimika menyambut baik kegiatan expo sayuran tersebut dan berharap kedepannya apa yang dikembangkan oleh PT Ewindo dan Prisma dapat meningkatkan produksi para petani di wilayah itu.

Lopianus juga berharap agar Ewindo dan Prisma dapat membantu pemkab setempat untuk menghasilkan satu produk unggulan pertanian di Mimika. Pasalnya selama ini Mimika belum memiliki satu produk yang diunggulkan.

Juga dilakukan peninjauan langsung lahan yang ditanami tujuh varietas tersebut yang didampingi langsung oleh para petani asli Papua. (*)

Pewarta : Jeremias Rahadat
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024