Jayapura (Antaranews Papua) - Lima Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu Airnav, BNI, Bank Mandiri, BRI dan BTN menyalurkan bantuan sosial senilai total Rp5,4 miliar di Papua yang diserahkan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno.

"Bantuan tersebut merupakan upaya BUMN untuk berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya di Papua," ujarnya ketika menghadiri acara Pemberdayaan Masyarakat dan Modernisasi Layanan Navigasi Penerbangan Guna Meningkatkan Konektivitas 109 Bandara, di Jayapura, Jumat.

Ia menyebut bantuan tersebut diberikan dalam bentuk beasiswa pendidikan, perbaikan sarana dan prasarana umum, perbaikan rumah ibadah dan bahan kebutuhan pokok.

"Sebagai perusahaan milik negara, kami ingin terus berkontribusi untuk peningkatan kesejahteraan yang berkeadilan bagi masyarakat, termasuk Papua," kata dia.


BUMN Rini Soemarno bersama para pejabat di Papua pada momentum pembukaan acara Pemberdayaan Masyarakat dan Modernisasi Layanan Navigasi Penerbangan Guna Meningkatkan Konektivitas 109 Bandara, di Jayapura, Jumat (12/3). (Foto: Antaranews Papua/Dhias Suwandi)

Rini mengungkapkan sebagian besar bantuan yang diberikan disalurkan dalam bidang pendidikan, khususnya terkait dengan dunia penerbangan.

"Bantuan pendidikan sebesar Rp3,5 miliar diberikan oleh AirNav Indonesia kepada putra-putri terbaik Papua melalui beasiswa di bidang aviasi, sehingga saat lulus dapat langsung diangkat menjadi karyawan AirNav Indonesia yang akan ditempatkan di bandara-bandara Papua yang layanan navigasi penerbangannya dikelola oleh AirNav," ujarnya lagi.

Sementara Direktur Utama AirNav Indonesia Novie Riyanto akan terus melanjutkan program pemberdayaan masyarakat di Papua agar mutu SDM di daerah tersebut bisa terus ditingkatkan dan turut berkontribusi untuk memajukan Papua.

"Pemberdayaan masyarakat di Papua menjadi salah satu fokus kami dalam menyalurkan bantuan bina lingkungan sehingga kami dapat turut berperan mendukung program pemerintah dalam membangun wilayah ini. Seluruh program ini kami harapkan dapat berkontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat Papua," katanya.

Sedangkan dalam kesempatan tersebut BNI menyiapkan bantuan pendidikan sebesar Rp250 juta sebagai bagian dari bantuan bersama bank-bank Himbara.


Menteri BUMN Rini Soemarno menyerahkan bantuan pada acara Pemberdayaan Masyarakat dan Modernisasi Layanan Navigasi Penerbangan Guna Meningkatkan Konektivitas 109 Bandara, di Jayapura, Jumat (12/1) (Foto: Antaranews Papua/Dhias Suwandi) (Foto: Antaranews Papua/Dhias Suwandi)

Bantuan tersebut melengkapi realisasi tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) untuk masyarakat Papua selama 2017 yang diberikan dalam bentuk tas dan sepatu untuk anak sekolah Suku Asmat, dan bedah rumah bagi para pensiunan. (*)

Pewarta : Dhias Suwandi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024