Jayapura (Antaranews Papua) - Kodam XVII/Cenderawasih mengirim tim kesehatan ke Kabupaten Asmat, Provinsi Papua untuk membantu mengatasi masalah gizi buruk dan wabah penyakit campak yang menyebabkan kematian.

"Tim saat ini sudah ada di Timika, dipimpin Kakesdam XVII Cenderawasih Kol CKM dr Bambang Cahyono bersama 53 dokter dan paramedis," kata Kapendam XVII/Cenderawasih Kol Inf M Aidi ketika dihubungi di Jayapura, Senin.

Ia mengatakan tim yang dikirim ke Asmat itu melibatkan Mabes TNI yang tiba di Timika, Senin (15/1) dengan membawa berbagai peralatan kesehatan dan bahan kebutuhan pokok.

Tim dari Mabes TNI saat ini sudah berada di Timika dan siap diterjunkan ke berbagai lokasi yang warganya mengalami musibah.

"Hercules A-1326 dengan misi tim bhakti kesehatan TNI untuk Asmat sudah tiba di Timika," kata Kol Aidi.

Menurut dia, belum diketahui dengan pasti tim tersebut sampai kapan berada di Asmat.

"Belum diketahui dengan pasti berapa jumlah korban yang meninggal dan penyebabnya," kata Kol Inf Aidi seraya menambahkan dari data yang diterima terungkap tim di Distri Pulau Tiga wilayah Nakai tercatat anak yang meninggal akibat campak mencapai empat orang.

Wilayah kampung Kappi dua anak meninggal akibat campak, Kampung As tercatat sembilan anak meninggal, Kampung Atat sebanyak 23 anak meninggal.* (*)

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024