Jayapura (Antaranews Papua) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menggelar rapat koordinasi terkait pengumpulan data pilkada serentak bersama rombongan tim Mabes TNI di Gedung Sasana Karya Jayapura, Selasa.

Rapat tersebut dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Hery Dosinaen dan Koorsahli Panglima TNI Mayjen TNI Wardiyono, serta dihadiri oleh anggota Bawaslu, KPU, Kodam XVII/Cenderawasih, Lantamal, Lanud Jayapura dan Polda Papua.

Sekda Provinsi Papua Hery Dosinaen mengatakan tim dari Mabes TNI tersebut sengaja datang untuk memantau persiapan pelaksanaan pilkada serentak di Bumi Cenderawasih.

"Hingga kini tidak ada laporan-laporan mendesak terkait dengan pelaksanaan pilkada serentak di Papua, di mana semua berjalan aman dan lancar sebagaimana mestinya," katanya.

Menurut Hery, pihaknya memastikan pilkada dapat berjalan aman dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Papua dapat menjaga netralitasnya sebagai pegawai.

Senada dengan Hery Dosinaen, Koorsahli Panglima TNI Mayjen TNI Wardiyono mengatakan pihaknya meminta fungsi penegakan hukum terpadu (gakumdu) dapat dimaksimalkan juga di masing-masing polres dan kejari.

"Selain itu, Polri dan TNI di wilayah Papua harus dapat melindungi pihak penyelenggara dan kandidat sesuai dengan pedoman Peraturan KPU serta tidak merugikan pihak manapun," katanya.

Dia menambahkan, jika diperlukan, TNI pun dapat mengajukan anggarannya sendiri kepada pemerintah daerah untuk pelaksanaan pilkada serentak dan hal tersebut dipayungi hukum, namun dapat pula bergabung dengan polda setempat. (*)

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024