Jayapura (Antaranews Papua) - Guna meningkatkan minat membaca di kalangan anak anak, Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad mengoperasikan perpustakaan keliling yang disebut dengan mobil pintar, di Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, mulai Selasa (6/3).

Mobil pintar itu akan berkeliling ke Sekolah Dasar (SD) yang berada di kabupaten itu.

Operasional mobil pintar itu dipimpin oleh Kapten Cba Edi Rosana yang menjabat Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad.

Dalam operasional perdananya mobil pintar Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad itu diarahkan ke SD Impres Arso II, Kec. Arso, Kabupaten Keerom, dimana anak-anak dari SD Impres Arso II ini bisa membaca buku dan menaiki truk milik tentara itu sepuas hati.

Kapten Cba Edi Rosana menyampaikan kepada para siswa agar senantiasa rajin membaca buku, agar pengetahuan bisa menjadi luas.

"Dengan membaca akan bisa mengetahui sejarah perjuangan dan bisa menambah motivasi dan nilai kejuangan di kalangan generasi muda," ujarnya. Guna meningkatkan minat membaca di kalangan anak anak, Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad mengoperasikan perpustakaan keliling yang disebut dengan mobil pintar, di Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, mulai Selasa (6/3). (Foto: Pendam XVII/Cenderawasih) (Foto: Pendam XVII/Cenderawasih/)
Di lain tempat, Komandan Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad Mayor Inf Eko Antoni Chandra Listiyanto menyampakan bahwa mobil pintar itu untuk menunjang keberhasilan di daerah penugasan.

"Mobil pintar itu juga dilengkapi lebih dari 500 buku bacaan, yang terdiri dari buku fiksi dan non fiksi," ujarnya. Prajurit TNI dari Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad menemani pelajar SD membaca buku yang didatangkan menggunakan mobil pintar (perpustakaan keliling) di Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, mulai Selasa (6/3). (Foto: Pendam XVII/Cenderawasih) (Foto: Pendam XVII/Cenderawasih/)
Disamping itu, Kepala Sekolah SD Impres Arso II Helis mengapresiasi kegiatan mobil pintar yang menurut dia sangat jarang ada.

Ia berharap kegiatan seperti itu bisa terus berlanjut, agar semangat murid murid untuk membaca semakin tinggi, dan murid SD Impres Arso II lebih fasih lagi dalam membaca.

Begitu juga dengan murid murid SD Impres Arso II, mereka sangat antusias dengan kehadiran mobil pintar di Sekolah mereka.

Saat mobil pintar memasuki halaman sekolah, para murid langsung saling berebut untuk bisa masuk ke dalam mobil pintar untuk mencari buku bacaan yang mereka inginkan. (*/adv)

Pewarta : Staf Pendam XVII/Cenderawasih
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024