Jayapura (Antaranews Papua) - Sebanyak enam klub sepak bola antar perusahaan swasta, BUMN dan BUMD di Bumi Cenderawasih meramaikan ajang kompetisi Liga Pekerja Indonesia Zona Papua.

Keenam tim tersebut yakni Klub Sepakbola PT Freeport Indonesia, PDAM Jayapura, PT Pos Indonesia, PT PLN Wilayah Papua-Papua Barat, BPJS Ketenagakerjaan Jayapura dan Bank Negara Indonesia (BNI).

Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Papua Yan Piet Rawar, di Jayapura, Jumat, mengatakan liga pekerja ini merupakan program kegiatan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) serta Kementerian Pemuda dan Olahraga yang berkoordinasi dengan Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) maupun KONI 34 provinsi di Indonesia.

"Liga Pekerja Indonesia Zona Papua ini memperebutkan piala bergilir Piala Presiden, rencananya akan berlangsung pada 23 Maret 2018, di Lapangan Otto Geisler Kotaraja, Kota Jayapura dan dibuka oleh Penjabat Sementara Gubernur Papua," katanya.

Menurut Yan Piet, awalnya Bank Papua juga akan ikut meramaikan liga ini, namun akhirnya batal, kemungkinan hal ini disebabkan bank daerah ini lebih fokus memberikan dukungan bagi Persipura Jayapura maupun manajemen secara internal.

"Harapan saya, pada tahun-tahun mendatang lebih banyak perusahaan ambil bagian dalam kegiatan atau liga pekerja ini," ujarnya.

Senada dengan Yan Piet Rawar, Demianus Heipon Konsultan Tekhnis Liga Pekerja Indonesia Zona Papua mengatakan "screening" pemain dilakukan pada pekan ini bertempat di Sekretariat Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Papua yang berlokasi pada bilangan Bucen II Entrop, Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

"Masing-masing tim juga diperbolehkan mengkontrak dua pemain profesional, hal tersebut dibuktikan dengan surat resmi dari perusahaan yang dilampirkan saat pemeriksaan dokumen pemain," tambahnya. (*)

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024