Jayapura (Antaranews Papua) - Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kementerian Kesehatan Jayapura menjadi tuan rumah penyelenggaraan pekan olahraga dan seni (porseni) mahasiswa kesehatan Politeknik II regional Sulawesi, Maluku, Provinsi Papua dan Papua Barat (Sulampa).

"Pada hari ini digelar pembukaan pekan olahraga dan seni mahasiswa Politeknik kesehatan Regional Sulawesi Maluku, dan Papua serta Papua Barat di Aula Poltekes Kemenkes Jayapura," kata Direktur Poltekes Kemenkes Jayapura Isak Tukayo di Jayapura, Rabu.

Menurut Isak, pembukaan Porseni Mahasiswa Kesehatan itu dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Papua Aloysius Giyai, Kepala BPSDM Kementerian Kesehatan, Wali Kota Jayapura, dan juga dihadiri oleh semua provinsi yang termasuk dalam regional Provinsi Sulawesi, Maluku dan Papua serta Papua Barat.

"Jadi ada 10 Poltekes yang hadir dan memeriahkan Porseni Mahasiswa Kesehatan II ini," katanya.

Sebanyak sepuluh Poltekes Kemenkes yang mengikuti ajang tersebut yakni Poltekes Kemenkes Makassar, Poltekes Kemenkes Mamuju, Sulawesi Barat, Poltekes Kemenkes Palu, Poltekes Kemenkes Kendari, Poltekes Kemenkes Gorontalo.

Selanjutnya, Poltekes Kemenkes Manado, Poltekes Kemenkes Ternate, Maluku, Poltekes Kemenkes Sorong, Papua Barat dan Poltekes Kemenkes Jayapura sebagai tuan rumah.

Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan yakni bola voly putra-putri, bola basket, bulu tangkis, tenis meja, catur, bintarno vokalia dan vokal group.

Isak mengatakan berbagai pertandingan itu akan digelar di beberapa tempat yakni di Kampus Poltekes Kemenkes Jayapura, Gor Waringin Kota Jayapura, Lapangan Mega Futsal Abepura, dan salah satu lapangan mega futsal di Jayapura.

"Yang sangat kami banggakan kali ini adalah semua wasit berlisensi nasional yang akan memandu jalannya setiap pertandingan. Kenapa kami pakai wasit nasional, agar supaya kami mau mencoba untuk mendukung Papua sebagai tuan rumah pekan olahraga nasional (PON) 2020," ujarnya.

Dia menyebut Porseni Mahasiswa Kesehatan itu akan berlangsung hingga Sabtu (7/4).

Adapun tema yang diusung dalam Porseni Mahasiswa Kesehatan II ini yakni mengeksplorasi potensi akadamis, serta menciptakan generasi muda yang sehat, disiplin dan sportif.

Isak berharap pembinaan-pembinaan olahraga untuk generasi muda dengan tujuan supaya menumbuhkan kesadaran berbangsa, bernegara, pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Selain itu, meningkatkan kebersamaan dan persahabatan antarmahasiswa Poltekes Kemenkes regional Sulawesi, Maluku dan Papua serta Papua Barat.

Juga mengembangkan minat dan bakat generasi muda terutama dikalangan mahasiswa serta meningkatkan kebugaran jasmani, disiplin dan sportifitas.

Membantu pemerintah dalam meningkatkan prestasi olahraga baik ditingkat regional, tingkat nasional maupun internasional.

Selanjutnya, tambah Isak, menanamkan karakter mahasiswa melalui bidang olahraga. (*)

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024