Bupati Mimika Eltinus Omaleng berpidato pada prosesi adat perdamaian dua kelompok yang bertikai di distrik Kwamki Narama, Mimika, Papua, pada Rabu (18/4). Kedua kubu bertikai sejak November 2017 dan baru berdamai sekarang.

Tampak uang tunai miliaran rupiah yang akan diserahkan Bupati Mimika kepada perwakilan salah satu kelompok yang bertikai usai prosesi adat perdamaian.

Bupati Eltinus mengaku kecewa dengan perilaku kelompok masyarakat lantaran masih terjadi pertikaian yang bahkan memakan sebanyak 20 korban jiwa, padahal di tempat yang sama hampir empat kali dilakukan prosesi adat perdamaian termasuk penandatangan komitmen untuk berdamai masing-masing perwakilan kelompok.

Eltinus mengatakan bahwa ke depannya jika ada oknum yang berbuat onar maka aparat keamanan akan tangkap dan penjarakan. Bila perlu dipenjarakan di luar Papua.

Sedangkan jika terjadi pertikaian yang melibatkan kelompok maka semuanya akan ditangkap dan dipulangkan ke daerah asal masing-masing, dan  Pemkab Mimika akan menyiapkan pesawat untuk pulangkan ke daerah asal.

Pewarta : Jeremias Rahadat
Editor :
Copyright © ANTARA 2024