Jayapura (Antaranews Papua) - Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire, Provinsi Papua tengah mengupayakan kerja sama terpadu lintas sektoral guna mencegah penyebaran penyakit malaria.

"Sebenarnya yang benar itu harus ada kerja sama lintas sektor untuk mencegah penyakit malaria, sementara kami upayakan kerja sama lintas sektor, Dinas Kesehatan tidak bisa kerja sendiri," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire Yulian Agapa ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Sabtu.

Yulian mencontohkan kerja sama antara Dinas Kesehatan dengan Dinas Pekerjaan Umum terkait pembangunan rumah layak huni bagi warga.

Menimbun jalan yang masih berawa-rawa yang berpeluang menjadi saran penyebaran malaria.

Kemudian kerja sama dengan Dinas Perikanan terkait penyebaran ikan di kolam yang bisa memakan jentik-jentik nyamuk.

Selanjutnya, kata Yulian, kerja sama dengan Dinas Pertanian yang bisa berperan untuk menanam tanaman obat tradisional yang bisa mengusir nyamuk.

"Kalau kami lihat Timika, upaya yang dilakukan disana adalah program malaria kontrol, kita harus belajar dari mereka," katanya.

Dia menambahkan, untuk mencapai eliminasi malaria pada 2028 Dinas Kesehatan tidak bisa berjalan sendiri sehingga harus mendapat dukungan dari satuan perangkat kerja daerah (SKPD) yang lain. (*)

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024