Jayapura (Antaranews Papua) - Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Provinsi Papua mengajak dokter spesialis untuk melayani warga yang berdomisili di 14 kampung yang ada di kota tersebut.

"Dalam waktu dekat ini kami akan mengajak dokter spesialis ke masing-masing puskesmas yang ada di 14 kampung yang ada di Kota Jayapura untuk melayani warga kampung," kata Kepala Seksi Kesehatan Rujukan Dinkes Kota Jayapura Syors Absalom Sisau, di Jayapura, Rabu.

Syors menyarankan kepada warga di 14 kampung yang ada di Kota Jayapura bersiap diri untuk menerima dokter spesialis yang akan diajak oleh Dinkes kota setempat.

Dia berharap kepada masing-masing kepala kampung agar menyiapkan warganya agar datang ke puskesmas untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang nantinya diberikan.

Dokter spesialis yang diajak untuk melayani masyarakat, yakni dokter spesialis anak, dokter spesialis kandungan, dan dokter spesialis penyakit dalam.

Selanjutnya, kata dia, dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin, dokter spesialis saraf, dan dokter spesialis paru.

Dia mengatakan, dokter spesialis yang diajak ke 14 kampung itu sesuai dengan kebutuhan masyarakat di kampung yang bersangkutan.

"Kami akan berkoordinasi dengan masing-masing puskesmas yang ada di 14 kampung itu, kebutuhan kesehatan utama di kampung itu apa baru kami ajak dokter spesialis itu ke sana," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya akan melihat wilayah, jika kampung itu berada di wilayah Jayapura Utara, maka dokter spesialis yang diajak dari RSUD Jayapura.

Jika kampung itu letaknya di Distrik Abepura, maka dokter spesialis yang diajak dari RSUD Abepura dan Rumah Sakit Dian Harapan.

"Jadi ada pembagian wilayah supaya dokternya mudah untuk jangkau kampung," ujar Syors. (*)

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024