Timika (Antaranews Papua) - Jajaran Kejaksaan Negeri Timika, Papua menyatakan komitmen mereka untuk terus mencegah terjadinya praktik korupsi di wilayah itu, salah satunya dengan mengefektifkan peran Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D).

Kepala Kejaksaan Negeri Timika Alex Sumarna di Timika, Minggu, mengatakan keberadaan TP4D Kejari Timika dalam beberapa tahun terakhir cukup banyak membantu Pemkab Mimika dalam menyelesaikan sejumlah persoalan seperti pembebasan lahan dan pembayaran ganti rugi.

Tidak itu saja, lembaga TP4D Kejari Timika juga sebagai media konsultasi bagi aparatur pengelola kegiatan pemerintah agar tidak menyalahi aturan dan melakukan penyelewengan anggaran.

"Titik berat kami sebagai instansi penegak hukum yaitu pencegahan dan penindakan baik di bidang tindak pidana umum maupun tindak pidana korupsi. Khusus dalam penanganan kasus korupsi, kami berupaya maksimal untuk melakukan pencegahan. Salah satunya, melalui wadah TP4D sebagai wadah konsultasi agar pelaksana pekerjaan mengikuti rambu-rambu yang sudah ada," jelas Alex Sumarna.

Menyambut Hari Bhakti Adyaksa ke 58 tahun ini, jajaran Kejari Timika diminta meningkatkan karya dan bakti mereka kepada bangsa dan negara melalui tugas-tugas di bidang penegakkan hukum.

"Sesuai tema Hari Bhakti Adyaksa tahun ini, semua jajaran Adyaksa diharapkan terus berkarya berbakti dengan sepenuh hati dalam menjaga negeri, memulihkan kepercayaan masyarakat melalui konsolidasi, evaluasi, introspeksi diri, optimalisasi dan peningkatan dedikasi," kata Alex.

Berbagai kegiatan digelar menyambut Hari Bhakti Adyaksa ke-58 di lingkungan Kejari Timika seperti kegiatan anjang sana ke Panti Anak Terlantar dan Putus Sekolah Timika.

"Kami memberikan bantuan sosial terhadap anak-anak yang diasuh di situ. Ternyata anak-anak yang diasuh di tempat itu juga memiliki prestasi gemilang tidak kalah dengan anak-anak lain. Ada yang bahkan ikut lomba olimpiade matematika sampai di Thailand. Kami sangat mengapresiasi hal ini," tutur Alex.

Selain itu, pada Sabtu (21/7), juga digelar pertandingan futsal antarinstansi pemerintah dan mitra Kejari Timika lainnya serta kegiatan donor darah.

Sejumlah Muspida Mimika ikut memeriahkan pertandingan futsal antarinstansi pemerintah tersebut, diantara Ketua PN Timika Relly D Behuku, Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto, Komandan Kodim 1710 Mimika Letkol Infantri Windarto, serta Komandan Pangkalan TNI AL Timika Letkol Laut Pelaut Yosafat Indarto.

Pewarta : Evarianus Supar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024