Jayapura (Antaranews Papua) - Wali Kota Jayapura, Provinsi Papua, Berhur Tomi Mano mengatakan kedepannya pemerintah kota (Pemkot) Jayapura hanya akan melayani wawancara dengan wartawan yang telah bersertifikat.

"Saya akan tempel di lingkungan Pemkot Jayapura bahwa yang bisa meliput di Kota Jayapura adalah wartawan yang sudah ikut UKW," katanya ketika membuka kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diikuti sebanyak 48 wartawan dari sejumlah daerah di Papua yang digelar di Abepura, Jumat.

Menurutnya semua wartawan harus mengikuti sertifikasi yaitu melalui UKW. Hal tersebut diharapkan agar seorang wartawan menjadi profesional dan berkompeten dan kemudian menghasilkan berita yang akurat dan terpercaya.

Selain itu, kompetensi wartawan perlu dimiliki seorang wartawan dalam menghadapi dinamika dan rutinitas tugas wartawan di setiap kesempatan.?

Ia berharap agar kedepannya semua wartawan, secara khusus yang ada di Papua tersertifikat. Selain itu perusahaan media agar mendorong wartawannya mengikuti UKW.

Ketua Panitia UKW itu, Nunung menyebutkan kegiatan yang diprakarsai Forum Jurnalis Perempuan, PWI dan Jaringan Jurnalis Indonesia Provinsi Papua dan Papua Barat tersebut bertujuan untuk membantu sesama wartawan di Papua agar lebih berkompeten dan profesional.?

Ia juga berharap agar perusahaan-perusahaan pers di Papua dapat mendorong wartawannya mengikuti uji kompetensi secara berjenjang sesuai dengan amanat Peraturan Dewan Pers nomor 4/XII/2017.

Pewarta : Jeremias Rahadat
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024