Jayapura (Antaranews Papua) - Pelaksanaan shalat Idul Adha 1439 Hijriah di 50 masjid dan lapangan yang ada di seputar Kota Jayapura, Papua, Rabu (22/8) pagi, berlangsung aman dan lancar.

Sejak sekitar pukul 05.45 waktu Indonesia timur (WIT) tampak ribuan umat Islam berbondong-bondong mendatangi masjid masjid atau lapangan yang digunakan untuk tempat shalat Idul Adha, salah satunya di lapangan apel Mapolda Papua di Jayapura.

Shalat Idul Adha di Jayapura juga tidak dilakukan secara serentak, misalnya di lapangan apel Mapolda Papua berlangsung mulai pukul 06.30 WIT dengan imam shalat ustaz Abdul Waris dan dilanjutkan dengan khotbah disampaikan KH Zulhan Makmun yang menjabat Ketua MUI Kota Jayapura.

Sedangkan di halaman kantor gubernuran Dok II Jayapura, shalat dilaksanakan pukul 07.00 WIT.

Data dari PHBI Papua terungkap dalam perayaan Idul Adha 1439 Hijriah ini tercatat 1.364 kambing dan 104 sapi yang dijadikan hewan kurban, termasuk 19 ekor diantaranya diterima masjid Al Mukminun Polda Papua.

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav Urbinas mengatakan, sebanyak 350 personel disiagakan untuk mengamankan pelaksanaan shalat Idul Adha di wilayah kota Jayapura.

"Kamtibmas di kota Jayapura hingga kini aman dan terkendali," kata AKBP Urbinas.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024