Merauke (Antaranews Papua) - Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) XVII/Cendrawasih Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa memimpin upacara penerimaan dan pelepasan Satgas Pengamanan Perbatasan RI-PNG, yang digelar di lapangan upacara Makorem 174/ATW di Merauke, Papua, Sabtu (15/9).

Pasukan TNI yang akan melaksanakan tugas menjaga kedaulatan NKRI di wilayah Merauke yakni Yonif Mekanis 521/Dadaha Yudha, yang mengantikan Yonif 315/Garuda yang purna tugas.

Selanjutnya, di wilayah Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel yakni Yonif 143/Tri Wira Eka Jaya, mengantikan Yonif Raider 323/Badak Putih Kostrad dan Yonif 500/ Raider.

Dalam amanatnya, Kasdam yang mewakili Pangdam XVII/Cendrawasih Mayor Jenderal TNI George Elnadus Supit, mengajak Satgas Pamtas RI-PNG yang baru untuk menjaga serta menciptakan stabilitas keamanan di sepanjang wilayah perbatasan.

"Selain itu juga harus membantu kesulitan masyarakat di wilayah perbatasan sehingga dapat merubahan masyarakat di perbatasan agar hidup yang jauh lebih baik," ujarnya.

Ia juga berpesan kepada prajurit yang hendak kembali ke kesatuannya untuk tidak membawa flora dan fauna yang dilindungi.

Sekaligus disampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan untuk setiap keberhasilan selama bertugas di perbatasan RI-PNG di sektor selatan.

  Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) XVII/Cendrawasih Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa memimpin upacara penerimaan dan pelepasan Satgas Pengamanan Perbatasan RI-PNG, yang digelar di lapangan upacara Makorem 174/ATW di Merauke, Papua, Sabtu (15/9). (Dokumen Pendam XVII/Cenderawasih)
Batalyon Infanteri Mekanis 521/Dadaha Yudha atau Yonif Mekanis 521/DY merupakan pasukan yang berada di bawah Komando Brigif Mekanis 16/Wira Yudha, Kodam V/Brawijaya.

Yonif Mekanis 521/DY bermarkas di Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, dan Kompi Senapan C berada di Kabupaten Tuban.

Batalyon Infanteri 143/Tri Wira Eka Jaya atau Yonif 143/TWEJ merupakan batalyon yang berada di bawah komando Korem 043/Garuda Hitam, Kodam II/Sriwijaya.
 
Batalyon ini bermarkas di Natar, Kabupaten Lampung Selatan, dengan Kompi Senapan A berada di Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Kompi Senapan B berada di Cimeng Bandar Lampung, sedangkan Kompi Senapan C berada di Candimas, Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara.

Batalyon Infanteri 315/Garuda atau Yonif 315/Garuda merupakan satuan tempur yang langsung berada di bawah Korem 061/Surya Kencana.

Markas Komando (Mako) Yonif 315/Garuda berada di Jalan Mayjen Ishak Djuarsa, Gunung Batu, Kota Bogor, Jawa Barat.

Batalyon Infanteri Raider 323/Badak Putih merupakan pasukan elit infanteri mobile udara TNI yang sebelumnya bernama Batalyon Infanteri 323/Buaya Putih.

Batalyon Infanteri Raider 500/Sikatan merupakan pasukan elit infanteri yang berada di bawah Kodam V/Brawijaya. Batalyon ini merupakan penggabungan dari Yonif 500/Raider dan Yonif 507/Sikatan.

Satuan ini terdiri atas Kompi Markas, Kompi Senapan A, B, C, Kompi Bantuan, Tim K-9, dan Tim Gultor yang bermarkas di Jalan Gadjah Mada, Surabaya, Jawa Timur. (*/adv)

Pewarta : Arga
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024